Peluang Kerja Jurusan Astronomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi orang yang tertarik dengan semua benda-benda di luar angkasa mungkin jurusan astronomi ini akan menjadi pilihan. Di Indonesia pilihan jurusan Astronomi ini  hanya akan bisa kamu temukan pada Universitas ITB, tentu juga pada jurusan astronomi kita akan banyak mempelajari ilmu tentang fisika, biologi, kimia dan lain sebagainya dan tentunya ilmu yang akan kita pelajari ini adalah ilmu yang bisa dibilang sangat sulit. Meskipun begitu prospek kerja yang ditawarkan untuk lulusan jurusan ini sangatlah menjanjikan. Apa saja prospek kerja jurusan Astronomi? Yuk simak ulasan berikut ini:

    1. Astronom Professional

    Prospek kerja ini akan memberikan kita tugas yang tidak  terbayangkan ketika menjadi seorang astronom professional kamu dapat berkarir sebagai peneliti bahkan jika kamu bisa mengembangkan ide tidak menutup kemungkinan kamu akan dapat menerbitkan jurnal ilmiah, untuk mencapai nya tentu kamu harus memulai nya dengan menjadi sarjana Astronomi bahkan mengikuti program doktor. Tentu hasil akhir nya tergantung dari apa yang kamu usahakan.

    2. Dosen

    Peluang kerja yang satu ini mungkin kita semua tahu bahwa pekerjaan yang satu ini sangatlah menjanjikan, yap menjadi seorang pengajar atau dosen. Namun untuk mencapai pekerjaan menjadi dosen ini kamu tentu harus menempuh berbagai tingkatan kuliah sampai kamu benar-benar sampai pada akhir jenjang. Gaji yang ditawarkan menjadi seorang dosen sangatlah tinggi mulai dari gaji pokok, tunjangan, dan lain sebagainya.

    3. Lembaga penelitian

    Peluang kerja yang satu ini tentu saja sangat di idam-idamkan bagi kamu yang tertarik dengan segala hal yang ada di langit maupun luar angkasa, kenapa tidak tugas yang diberikan pada peluang kerja ini adalah menjadi sebagai peneliti antariksa, planetarium, dan lain-lain. Namun kamu harus selalu mengembangkan ilmu yang kamu punya dan tidak berbekal ilmu yang didapat ketika duduk di bangku universitas saja. Gaji yang ditawarkan pada peluang kerja yang satu ini sangatlah tinggi namun gaji yang ditawarkan tentu akan sesuai dengan kemampuan dan keahlian    kamu dalam melakukan penelitian terhadap benda-benda langit.

    4. Pegawai Pemerintah

    Setelah lulus jurusan astronomi kamu dapat memulai mencari pekerjaan menjadi pegawai pemerintah, kamu dapat menjadi pegawai pemerintah di berbagai lembaga di dalam negeri maupun di luar negeri mulai dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional(LAPAN) hingga kamu sebagai lulusan astronomi mempunyai kesempatan untuk bekerja di NASA namun untuk dapat bekerja di NASA kriteria yang diperlukan akan sangat ketat.

    5. Analisis Sistem

    Peluang kerja selanjutnya adalah menjadi seorang analisis sistem, kamu dapat menjadi seorang analisis sistem di perusahaan swasta maupun perusahaan negara. Peluang kerja yang satu ini sangatlah besar seperti pada pusat satelit dan komunikasi yang tentu mempunyai peluang kerja yang sangat besar dan juga peluang kerja yang satu ini menawarkan gaji yang tidak tanggung-tanggung.

    6. Penulis

    Bagi kamu yang tertarik akan benda-benda yang ada dilangit dan ingin menuangkan ilmu yang kamu dapat kedalam bentuk tulisan agar dapat dibaca orang banyak, peluang kerja yang satu ini sangatlah cocok, ditambah lagi kemampuan  kamu bisa membuat tulisan-tulisan yang kamu tulis menjadi menarik sehingga seolah-olah  membuat para pembaca merasakan bagaimana fenomena menarik yang kamu tulis.

    7. Komunikator Sains

    Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa banyak sekali kebijakan yang dibuat pemerintah maupun perusahaan yang bisa dibilang bertentangan dengan ilmuwan. Dengan kondisi tersebut ilmuwan dituntut untuk dapat menguasai komunikasi publik. Oleh karena itu peluang kerja sebagai komunikator sains ini akan sangat dibutuhkan guna menjembatani dan menerjemahkan penemuan ataupun pandangan para ilmuwan agar pengembangan dan penemuan sebuah kebijakan sains dapat menjadi lebih baik lagi.

    Bagi kamu yang tertarik akan semua benda-benda yang ada dilangit jurusan astronomi ini sangatlah cocok untuk kamu pilih, apalagi satu-satu nya universitas Asia Tenggara yang memberikan pilihan jurusan astronomi ini berada di Indonesia yakni di ITB, oleh karena itu peluang untuk masuk kedalam jurusan ini akan lebih tinggi dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara lainnya.(Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peluang Kerja Jurusan Astronomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar