Pengamanan Jelang Mudik Lebaran Dimulai Hari Ini

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning. com, KARIMUN - Menjelang arus mudik Hari Raya  Idul Fitri 1440 H/2019 M, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Balai Karimun (KSOP TBK) menggelar Apel bersama Angkutan Laut dengan Stakeholde dan Instansi terkait lainya, Senin (20/5/2019) di Halaman Kantor KSOP di Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

    Apel bersama yang dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Keselamatan Berlayar dan Patroli KSOP TBK, Capt Mozes I Karaeng itu, ditandai dengan penyematan Pita dan pemakaian Rompi Keselamatan kepada para petugas pelaksana pengamanan Mudik Hari Raya  Idul Fitri 1440 H Tahun 2019.

    Adapun perwakilan instansi dan Stakholder yang hadir pada Apel bersama tersebut, diantaranya dari Dinas Perhubungan (Dishub), Basarnas (Badan SAR Nasinal) Kabupaten Karimun, TNI-,Polri, Bea cukai dan sejumlah perwakilan dari armada pelayaran di Tanjung Balai Karimun.

    Dalm amanat Menteri Perhubingan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi yang dibacakan Mozes menyampaikan bahwa tujuan apel yang dilaksanakan diseluruh nusantara untuk menyamakan persepsi serta meningkatkan koordinasi antara KSOP dengan intansi terkait lainya dalam pemantauan keselamatan berlayar serta pemberian pelayanan yang terbaik bagi masyarakat saat mudik Lebaran 2019.

    Sehingga arus mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan aman, nyaman, tertib dan lancar. Selain itu, kegiatan Apel juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara intansi dan stakeholder yang ada, dalam rangka Mudik Lebaran, Kantor Syahbandar (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun juga akan mendirikan Posko Pengamanan dan Keselamatan di Area pelabuhan Domestik maupun Internasional.

    Fungsi didirikanya Posko tersebutt, tambahnya, untuk memantau keberlansungab kelancaran arus mudik dan keselamatan penumpang yang mudik. Posko tersebit juga berfungsi utama untuk memberikan pelayanan serta informasi dalam mencapau kenyaman bag masyarakat, khususnya bagi pemudik.

    Disebutkan, untuk lonjakan penumpang di Tanjung Balai Karimun, diperkirakan akan terjadi pada H- 7 sebelum lebaran dan sesudah lebaran sekitar 4,80 % (Persen) jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu.  Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dan meminta agar pihak pelayaran menyiapkan armada atau kapal tambahan.

    Mozes menjelaskan bahwa sebelumnyaa, pihaknya telah melaksanakan uji kelayakan tranportasi Angkutan Laut dengan Uji petik terhadap kapal- kapal penumpang yang beroperasi dil pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Baik kapal tujuan Luar Negeri maupun antar lokal atau Domestik. Hasilnya, secara keseluruhan, armada ataupun kapal yang ada, layak jalan atau beroperasi.

    "Secara keseluruhan, armada layak jalan atau layak beroperasi. Untuk Posko pengamanan keselamatan lebaran dipelabuhan akan didirkan dan dimulai dari tanggal 21 Mei hingga 15 Juni 2019 mendatang," pungkasnya.(Jubaidah/LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengamanan Jelang Mudik Lebaran Dimulai Hari Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar