Makanan Berbuka Puasa Dari Timur Tengah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tentunya makanan yang kita makan harus ada porsi sayurannya, lauk-pauk, dan juga nasi sebagai sumber karbohidrat. Kalau semuanya sudah lengkap, rasanya sudah lengkap buka puasanya. Kalau kamu juga muak dengan menu itu terus, kamu bisa memakan menu-menu baru, nggak salahkan mencoba makanan dari negeri orang, seperti di negeri Timur Tengah.

    Masakan Timur Tengah yang kaya dengan rempah-rempah, sangat bagus disantap untuk menu makanan buka puasa. Kalau brgitu biar kalian tidak bingung, berikut rekomendasi makanan dari Negeri Timur Tengah:

    1. Kari kambing

    Sudah sangat jelas kalau menu satu ini asalnya dari Timur Tengah. Makanan berkuah yang menyatukan kuah kari dengan bumbu rempah-rempah, dan daging kambing yang empuk nan lezat. Sesuai banget untuk jadikan makanan buka puasa. Biar kenyang, makannya sama nasi ya!

    2. Nasi biryani

    Nasi biryani sudah seperti menu makanan wajib di negara India, termasuk warga muslim India. Ketika Ramadan tiba, mereka mennyantap nasi biryani sebagai makanan buka puasa.

    Hidangan ini adalah olahan beras khas India, yang bentuknya panjang-panjang, kemudian diolah dengan bumbu rempah-rempah, daging yang kambing empuk, dan susu kambing. Secara rasa tidak terlalu beda dengan nasi kebuli.

    3. Nasi kebuli

    Nasi kebuli ini cara memasaknya hampir sama dengan nasi biryani. Yaitu dengan mencampur nasi, bumbu rempah-rempah, dan daging kambing yang empuk dibanding dengan nasi biryani, nasi kebuli akan terasa rempah rempahnya.

    Perbedaan nasi ini adalah, nasi kebuli memakai beras yang sama seperti di Indonesia, tapi kalau nasi biryani memakai beras panjang. Selain itu, nasi kebuli juga terlihat lebih kuning pekat karena rempah rempahnya.

    4. Nasi Mandi

    Sama dengan nasi biryani, nasi mandi juga memakai beras basmati, yakni beras berasal dari India yang bentuknya panjang-panjang.

    Nasi mandi secara bentuk dan rasa tidak jauh beda dengan kebuli dan biryani, lauknya pun juga sama, yaitu dengan daging kambing atau kerbau yang empuk.

    Yang khas dari masakan ini yaitu dengan cara memasaknya yang ditanam langsung di tanah. Saat masakan sudah selesai, aroma rempah-rempah akan membuat anda kelaparan dan mengundang selera makan. Dijamin, pas banget untuk dijadikan makanan berbuka puasa.

    5. Nasi Kabsah

    Kalau nasi ini jauh beda dengan nasi diatas karena nasi ini akan lebih mirip dengan nasi goreng di Indonesia. Karena dari bentuk warnanya sedikit kecokelatan atau agak gelap seperti dicampur kecap.

    Padahal, nasi ini dimasak dengan bumbu-bumbu sederhana seperti tomat, cabai, dan tentunya rempah-rempah yang ada di daerah Timur Tengah  yang menambah nafsu makan.

    Untuk nasi kabsah ini, lauknya atau dagingnya tidak dimasak bersamaan dengan nasi, tapi lauk seperti daging kambing atau ayam direbus terlebih dahulu, baru dihidangkan di atas nasi kabsah.

    6. Kofta

    Makanan yang satu ini dari segi tampilan sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Karena bentuknya bulat-bulat seperti bakso.

    Bahan dasarnya juga sama, yaitu dengan daging, tapi kofta lebih sering memakai daging kambing dan domba, dan juga ada yang memakai daging sapi. Bedanya lagi, kofta memakai kuah kari, bukan kuah kaldu. biasa saja mangikuti kultur di Timur Tengah.

    7. Marak

    Ini juga bisa dibilang sama dengan sup kambing, karena dasarnya memakai daging kambing dan memakai sup panas. Bedanya dengan sup kambing, kuah marak tidak memakai santan, dan warnanya lebih bening berwarna kekuningan. Kalau dilihat dari jauh terlihat seperti kuah soto, tapi ditambah dengan daging kambing.

    8. Shakshuka

    Shakshuka adalah makanan yang terkenal di Tunisia, Libya, hingga Israel. Makanan ini dibuat dengan campuran, telur, tomat, cabai, sayur-sayuran, dan daging dan dimasak bersamaan. Rasanya yang agak pedas bisa membuat kamu bergairah makannya meningkat.

    Tapi sepertinya makanan yang satu ini kurang cocok karena kalau disantap untuk makanan berbuka puasa. Karena tidak baik setelah seharian perut tidak berisi, tiba-tiba langsung diisi dengan makanan pedas. Tapi kalo kamu yang suka makanan pedas sih tidak apa-apa menyantap makanan ini.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Berbuka Puasa Dari Timur Tengah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar