Dampak Positif Artificial Intelligence (AI)

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Artificial Intelligence adalah bidang ilmu komputer yang mampu melakukan suatu kegiatan seperti yang dilakukan manusia, dan juga dapat berpikir sesuai yang diinginkan manusia. Perkembangan kecerdasan buatan pada masa sekarang ini memanglah sangat penting baik sekarang ataupun masa depan.

    Dengan semakin berkembangnya teknologi pada saat sekarang ini, penerapan kecerdasan buatan sudah sangat banyak dilakukan mulai dari perangkat komputer dan perangkat elektronika canggih untuk membuat sistem mereka lebih handal. Pada masa depan, sudah bisa diperkirakan bahwa kecerdasan buatan atau AI ini sudah sangat jauh lebih cerdas karena sudah di setting dengan berbagai metode kecerdasan buatan. Pada waktu yang akan datang, banyak kemajuan teknologi yang mempermudah kehidupan manusia.

    Bidang ini sudah berkembang dengan sangat pesat pada 20 tahun terakhir seiring smartphone terus berinovasi. Dalam jangka waktu panjang, AI diprediksi mampu menjadi AI General, yaitu mesin yang mampu mendekati kemampuan manusia dalam beraktivitas seperti berpikir, berkomunikasi dengan bahasa manusia dan bahasa mesin, berencana, beralasan dan lain sebagainya.

    Yang mana AI merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari di masa depan. Sehingga kita selalu berhubungan dengan AI dan bahkan tidak bisa lepas dari AI. Salah satu yang menjadi keterbatasan utama bagi manusia yaitu tubuh dan otak.

    Manfaat adanya kecerdasan buatan ini yaitu untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan suatu masalah, yang mana masalah itu bisa dituntaskan oleh manusia juga. Misalnya bisnis, pencarian tempat, rumah tangga, dan kinerja sistem informasi berbasis komputer.

    Untuk contohnya, kita bisa mengambil contoh robot cerdas yang dapat membantu pekerjaan manusia sebagai sistem navigasi. Robot pun juga digunakan dalam dunia kesehatan yaitu untuk merawat orang jompo, pendeteksi tumor dan konsultasi serta membantu berjalannya operasi medis dan lain-lain.

    Di dunia penerbangan, AI sering digunakan untuk menjadwalkan penerbangan sehingga pilot bisa dengan mudah dengan memberikan informasi pergerakan yang terbaik, informasi tekanan, keadaan udara dan lain-lain.

    Di dunia industri ekonomi dan keuangan, AI sering membantu di bidang seperti investasi keuangan, jual beli saham, penipuan dan kriminalitas di bank, pencatatan uang dan lain-lain.

    Di dunia Pendidikan, AI juga sudah diperkenalkan ke siswa siswi untuk mengajar di bidang biologi sampai ilmu komputer. Machine Learning pada AI digunakan untuk melakukan penilaian terhadap hal-hal yang perlu diperbaiki pada masing-masing siswa dalam pembelajaran.

    Di bidang industri, Robot sudah tak asing lagi bagi orang-orang, AI sudah banyak yang menggantikan peran manusia, terutama di pekerjaan yang berulang ulang (repetitif), dan seperti mesin-mesin otomatis untuk membantu proses produksi sebuah produk.

    Robot pun juga dapat mengambil alih beberapa pekerjaan yang berisiko dan sangat berbahaya bagi manusia, contohnya saja pada tugas Pembinasaan bom, menurut sumber yang ada, robot ini bukan hanya sekedar robot, robot tersebut secara teknis adalah drone  yang digunakan untuk mitra fisik untuk meredakan bom. Namun juga butuh pengendalian manusia. Karena mereka sudah banyak menyelamatkan ribuan nyawa manusia dengan mengambil salah satu pekerjaan yang sangat berbahaya yang ada di dunia.

    Seiring dengan berkembangnya teknologi, tak hanya penjinakan bom saja, perusahaan Welding yang sudah terkenal dengan memproduksi zat beracun, panas yang luar biasa, dan tingkat kebisingan yang tinggi, kini perusahaan itu sudah menggunakan robot-robot ke dalam banyak pekerjaan seperti Robot Worx yang sudah memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang mencegah pekerja manusia dari asap dan kerusakan fisik yang sangatlah berbahaya. Tak hanya itu, sekarang ini robot juga sudah banyak yang mempunyai kemampuan membaca emosi manusia.

    Selain bisa membantu pekerjaan manusia, AI juga banyak memiliki dampak negatif di kehidupan manusia. Itulah Dampak positif Artificial Intelligence (AI). Semoga bermanfaat.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Positif Artificial Intelligence (AI)
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar