5 Inovator Teknologi asal Indonesia yang Sudah Diakui Dunia Internasional

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada zaman sekarang ini teknologi sudah berkembang pesat, para ahli-ahli di semua penjuru dunia saling tolong menolong berlomba untuk mendatangkan suatu inovasi yang dari hari ke hari menjadi makin baru dan berguna untuk kemudahan untuk umat manusia. Tapi, tahukah anda bahwa diantara banyaknya inovasi inovasi teknologi yang tersebar luas di dunia, ternyata beberapa inovasi tersebut ditemukan oleh orang Indonesia. Dan mungkin banyak dari anda yang tidak tahu akan hal ini ataupun tahu tapi setelah membaca ini.

    Berikut ini merupakan daftar 5 inovator teknologi dari Indonesia yang sudah diakui dunia internasional karena penemuannya di dalam bidang inovasi teknologi.

    1. Prof. Dr. Khoirul Anwar, sang Inovator Teknologi Broadband 4G LTE

    Tak sedikit yang beranggapan bahwa jaringan 4G LTE itu yang menemukannya adalah orang Jepang, tetapi tahukah anda bahwa yang telah menemukan jaringan ini sebenarnya adalah sosok orang Indonesia yang bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar.

    Ia adalah seorang WNI yang sedang bekerja di Nara Institute of Science and Technology ini dan berhak memiliki hak paten sepenuhnya pada 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multyplexing atau disingkat OFDM.

    Teknologi broadband yang telah diciptakan oleh putra Indonesia ini telah menjadi langkah awal adanya keberadaan mobile 4G LTE yang telah bisa digunakan di berbagai gadget sekarang ini.

    1. Yogi Ahmad Erlangga, sang Inovator rumus matematika dalam berbagai masalah tentang Perminyakan

    Yoga Ahmad Erlangga adalah seorang warga Tasikmalaya yang memecahkan rumus matematika paling sulit serta rumit di dunia. Dengan usianya berumur 31 tahun, Yogi Ahmad Erlangga ini sudah menempuh pendidikan di Delft University of Technology di Belanda.

    Ia pun juga sudah tercatat sebagai doktor matematika yang masih muda. Ia menemukan rumus untuk menyelesaikan bermacam masalah dalam bidang perminyakan, bahkan ia telah membuat perusahaan minyak dunia sekelas Shell kagum akan penemuannya.

    1. Prof. Ir. RM. Sedyatmo, sang Inovator Pondasi Cakar Ayam

    Seseorang yang lahir di Karanganyar ini sangatlah dihormati dikalangan dunia karena ia telah menemukan sistem arsitektur bangunan yang telah dikenal banyak orang dengan nama pondasi cakar ayam di tahun 1962.

    Ia telah menjadi lulusan ITB pada tahun 1934 yang telah menciptakan sistem yang amat stabil diatas lahan yang tidak stabil, keren bukan? Sehingga sistem yang telah ia ciptakan tersebut bisa saja dipakai pada banyak bangunan di seluruh penjuru dunia. Sistem yang dibuat oleh Sedyatmo ini pun juga sudah diterapkan pada landasan pacu di Bandara Soekarno-Hatta.

    1. Warsito P. Taruno, sang Inovator Mesin Pembunuh Kanker

    Kanker sendiri merupakan penyakit yang amatlah menyeramkan dan jarang sekali ada obatnya. Namun pada saat sekarang ini, kamu tidak harus khawatir karena di Indonesia telah ada yang menemukan alat yang bisa dan mampu membunuh sel kanker.

    Alat inilah yang sudah dibuat oleh Warsito lewat hasil dari uji coba “Lab in Vitri” yang mampu memerangi sel kanker pada tubuh pasiennya. Alat itupun juga telah banyak digunakan oleh Jepang karena dinilai efektif memiliki potensi dalam melawan sel kanker.

    1. Prof. Josaphat ‘Josh’ Tetuko Sri Sumantyo, sang Invator Radar Tiga Dimensi

    Pria kelahiran Bandung ini, saat ini telah menjabat sebagai Full Professor di Center for Environmental Remote Sensing, di Universitas Chibba, Jepang dan tak hanya itu ia menjadi professor/dosen sebagai tamu undangan di berbagai universitas.

    Sumantyo juga merupakan salah satu pemegang paten antena mikrostrip yaitu antena yang berwujud cakram berdiameter 12 sentimeter dan memiliki tebal 1,6 milimeter yang dapat digunakan dalam berkomunikasi langsung dengan satelit asli Indonesia.

    Ia juga adalah penemu dari circularly polarized synthetic aperture untuk sebuah pesawat tanpa awak dan small satellite, serta radar yang bisa meramal cuaca berbasis 3 dimensi. Atas penemuannya, pada saat sekarang ini sudah banyak sekali negara-negara lain yang mengembangkan alat hebat yang dibuat oleh putra Indonesia ini.

    Nah, itulah 5 inovator teknologi asal Indonesia yang penemuannya terkenal di dunia internasional. Ini harusnya menjadi motivasi bagi kita semua putra Indonesia yang tak hanya terkenal di negara sendiri saja, namun juga membanggakan di dunia internasional. Semoga bermanfaat.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Inovator Teknologi asal Indonesia yang Sudah Diakui Dunia Internasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar