Tips Melatih Anak untuk Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dalam ajaran agama Islam, anak adalah titipan dari Allah Swt yang harus dijaga sangat baik. Setiap manusia menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Yang di inginkan yaitu merekalah yang diharapkan untuk masa depan yang akan datang, dan selalu mengajar anak-anak untuk belajar tentang agama Islam.

    Bagaimanakah orang tua mengajar anaknya agar tetap untuk berpuasa? Berikut ini adalah tips melatih anak untuk berpuasa:

    1. Mengajarkan anak tentang rukun-rukun Islam dan mengamalkannya.

    Puasa adalah salah satu yang termasuk dari rukun Islam, hal yang harus dilakukan orang tua adalah mengajar anaknya agar berpuasa untuk menahan lapar dan dahaga. Dan tidak hanya itu mereka akan mempelajari bagaimana cara untuk berbakti kepada orang tua. Agar mereka akan membiasakan diri untuk beribadah.

    1. Mempelajari tentang keutamaan-keutamaan puasa

    Di saat bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, setiap yang beragama muslim yang berkeadaan sehat diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Agar mereka menahan makan, minum dan berhubungan kelamin. Waktu puasa yaitu pada sejak terbit fajar dan hingga matahari terbenam.

    1. Larangan dalam puasa

    Larangan yang harus dihindarkan di bulan puasa adalah makan, minum, berhubungan kelamin. Yang akan dimulai pada terbit fajar hingga matahari terbenam. Pada saat menjalankan ibadah puasa manusia bebas untuk beraktivitas tanpa ada yang mengawasi dari pihak lain kecuali Allah semata. Tidak ada satupun mengetahui bahwa seorang tersebut berpuasa atau tidak hanya dia sendirilah yang mengetahui rahasia tentang dirinya, apakah dirinya benar-benar puasa atau tidak. Disinilah seseorang melatih kejujuran untuk dirinya sendiri.

    1. Orang tua memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya

    Sebagai orang tua, harus menyadari tugasnya adalah mendidik anak-anaknya, dan diwajibkan memberikan kasih sayang dan perhatian, bimbingan, dukungan, pengawasan kepada anak-anaknya. Agar mereka selalu mengikuti ajaran-ajaran agama Islam.

    1. Tidak memaksa

    Jika anak sedang berpuasa, sebaiknya orang tua melatih anaknya untuk ikut berpuasa sesuai dengan umurnya. Karena orang tua tidak boleh memaksa anak untuk berpuasa seharian penuh, jika anak tersebut tidak sanggup tidak di wajibkan untuk berpuasa Hanya berpuasa setengah hari.

    1. Anak dilatih sejak dini untuk berpuasa

    Melatih anak sejak dini untuk berpuasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban orang tua, dimulai dari usia 5 tahun dengan melaksanakan puasa setengah hari terlebih dahulu dan akan dilanjutkan berpuasa penuh satu hari dalam satu bulan. Dengan melatih puasa ini agar menyesuaikan kondisi dan kemampuan anak  dan melatih agar anak tersebut terbiasa dalam melaksanakan ibdah puasa selanjutnya, puasa Ramadhan akan melatih anak untuk bertaqwa kepada Allah Swt.

    1. Bersikap tegas

    Dalam membiaskan ibadah puasa kepada anak orang tua juga boleh mengambil sikap tegas, tetapi tidak terlalu bersikap memaksa agar anak mau melaksanakan puasa. Tetapi dengan secara perlahan agar anak mudah menuruti bahwa puasa itu wajib. Hal ini dilakukan agar dapat memberi motivasi dan melaksanakan ibadah puasa secara teratur.

    1. Mengajarkan anak untuk menghormati orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

    Jika anak yang tidak melaksanakan puasa diharapkan menghormati orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa karena ketika anak tersebut makan, minum di hadapan orang yang sedang berpuasa, orang tua harus menegaskan kepada anak untuk menghargai orang yang sedang berpuasa.

    Nah, dari 8 Tips melatih anak untuk berpuasa mengajarkan bahwa tidak hanya orang remaja, dewasa, orang tua saja yang melaksanakan ibadah puasa tetapi anak-anak juga wajib melaksanakan bulan puasa.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Melatih Anak untuk Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar