Dampak Insomnia Bagi Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Masalah tidur yang paling sering kita jumpai adalah insomnia. Kesulitan tidur jangka panjang atau bahkan selama berhari-hari akan menyebabkan dan mempengaruhi kesehatan mental maupun tubuh anda. Tidur merupakan hal yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita karena saat itulah semua rasa lelah setelah beraktivitas seharian akan hilang.

    Untuk waktu tidur yang normal bagi manusia itu adalah 8 jam. Jika kurang ataupun kita tidak tidur pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Banyak sekali dampak insomnia ini bagi kesehatan kita, berikut adalah dampak buruk dari insomnia bagi kesehatan tubuh kita.

    1. Marah tanpa alasan

    Semua tau bahwa ketika kita kurang tidur otomatis akan mempengaruhi kesehatan otak kita karena otak kita juga butuh istirahat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terkena insomnia cenderung akan sangat sensitif dan mudah marah bahkan itu hanya hal yang sepele saja dan juga suasana hati yang kurang positif.

    1. Kerusakan kulit

    Ketika anda tidur, tubuh akan memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit. Jadi jika anda kurang tidur akibat insomnia tentunya akan merugikan kesehatan kulit anda karena produksi kulit menurun. Akibatnya penuaan akan lebih cepat terjadi pada kulit anda.

    1. Meningkatkan kecemasan

    Jika anda terkena insomnia membuat anda cenderung cemas atau pun khawatir terhadap sesuatu. Akibat dari kurang tidur tersebut, hormon yang dikenal dengan hormon stres akan meningkat. Selain itu, tekanan darah tinggi dan detak jantung juga meningkat. Mengatasi stres bisa menjadi salah satu cara agar anda untuk mencegah insomnia.

    1. Sulit konsentrasi

    Penyakit insomnia ini juga dikenal sangat berdampak buruk bagi fungsi kognitif. Contohnya saja anda akan menjadi sulit untuk berkonsentrasi sehingga meningkatkan risiko kecelakaan saat mengemudi dan juga akan mengurangi konsentrasi anda saat belajar atau menuntut ilmu. Dampak dari kurang tidur ini juga akan membuat otak anda terasa lelah yang membuat seseorang tak bisa berfikir dengan baik.

    1. Keinginan makan berlebihan

    Kurang tidur juga akan memicu seseorang untuk merasa lapar sehingga keinginan untuk makan di tengah malam itu semakin meningkat. Dan orang yang insomnia cenderung memilih makanan yang manis dan asin saat lapar. Hal itu akan membuat lemak di badan kita semakin meningkat. Dimana kita tau bahwa saat malam hari tubuh kita tidak bekerja atau beraktivitas, oleh sebab itu makanan yang kita konsumsi tidak menjadi energi dan hanya menumpuk saja.

    1. Risiko terkena kanker lebih tinggi

    Jika anda kurang tidur hal tersebut juga akan berdampak merusak efek perlindungannya walaupun olahraga dapat membantu mencegah kanker. Olahraga dan tidur juga harus diimbangi karena hal itu sama-sama dibutuhkan oleh tubuh kita.

    1. Libido Menurun

    Jika anda kurang tidur maka akan menurunkan gairah seks dengan pasangannya, Selain itu, wanita yang mendapat cukup tidur akan lebih mudah merasa bergairah. Karena ketika mengandung semua badan akan terasa lelah dan di pikiran hanya bisa tidur saja.

    1. Daya ingat yang menurun

    Ini merupakan hal yang sangat berpengaruh jika anda kurang tidur, karena saat tubuh anda tidur, otak anda akan memproduksi gelombang otak yang mempertahankan dan memperkuat ingatan. Jika anda kesulitan untuk mengingat sesuatu atau sulit untuk memproses dan menyimpan informasi alangkah baiknya anda terlebih dahulu beristirahat agar tubuh anda semakin segar dan juga semakin sehat.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Insomnia Bagi Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar