Ketua DPW GEMA MA RIAU Minta PEMPROV Riau Periksa Status Keamanan Jembatan Siak IV sebelum Ditutup

Daftar Isi

    Foto: Jembatan Siak lV

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Jembatan Siak IV yang diberi nama Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit menjadi sorotan sejumlah ketua organisasi kepemudaan. Pasalnya, baru sebulan diresmikan, ratusan baut jembatan sudah hilang.

    Ketua DPW Generasi Muda Mathla'ul Anwar Provinsi Riau Amal Fiza di Pekanbaru, Ahad (14/04/2019), menyebutkan, masyarakat ikut resah atas kejadian ini. Semestinya masalah ini jadi bahan evaluasi atas kelalaian pihak kontraktor. Masyarakat sudah turut andil menjaga keamanan jembatan tersebut. Bahkan saat malam hari pun, jembatan ini masih ramai dilalui masyarakat.

    "Kita minta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau untuk mengingatkan pihak kontraktor, karena jembatan siak IV masih dalam masa pemeliharan selama enam bulan. Maka kerusakan dan kehilangan material masih menjadi tanggung jawab pihak kontraktor," ujarnya.

    "Silakan aparat hukum usut tuntas dan menindak tegas, jika ada pelaku yang kedapatan merusak jembatan. Ratusan Baut ini tidak mungkin lepas sendiri. Tentu ada yang sengaja melepasnya. Hal ini bisa membahayakan karena bisa mengurangi kekuatan pengunci jembatan," ucap aktivis muda asal Kota Dumai itu.

    Ia menghimbau pemuda siap membantu masyarakat untuk lebih menjaga jembatan yang menghubungkan jalan Sudirman Ujung kawasan Pekanbaru Kota dengan kecamatan Rumbai Pesisir.  Jembatan ini merupakan ikon baru kebanggaan bersama masyarakat Riau.

    Terkait adanya wacana penutupan jembatan siak IV. Pihak Pemprov Riau wajib memastikan bagaimana kondisi baut yang hilang tersebut, apakah memang akan membahayakan atau tidak.

    "Harus dipastikan segera apakah kondisi jembatan saat ini masih aman dilalui atau tidak. Jika baut yang hilang masih bisa ditambah dan diperbaiki maka mesti segera dilakukan pihak kontraktor. Namun jika itu  membahayakan beresiko fatal, maka sangat wajib untuk dilakukan penutupan sementara. Jangan sampai ada masyarakat jadi korban baru jembatan ditutup," kata Amal. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ketua DPW GEMA MA RIAU Minta PEMPROV Riau Periksa Status Keamanan Jembatan Siak IV sebelum Ditutup
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar