Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Semua orang pasti tau bahwa buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku segala informasi bisa anda peroleh. Bahkan saat balita orang tua sudah mulai membacakan buku-buku dongeng atau buku cerita kepada anak mereka. Hal ini adalah bentuk pembiasaan orang tua kepada anak kecil untuk cinta membaca, meskipun mulai dari dibacakan oleh orang tua.

    Anak yang sering membaca sejak kecil akan berpotensi menjadi anak yang cerdas. Dengan membaca kadang anak akan menemukan kosa kata baru. Orang tua yang sering membaca buku biasanya anak akan mengikutinya. Hal ini pastinya akan menumbuhkan minat belajar bagi anak kita, berikut cara atau strategi yang bisa bunda lakukan untuk menumbuhkan minat baca anak.

    1. Memilih buku favorit untuk sang anak

    Berbagai bacaan bisa diperkenalkan kepada sang anak sesuai dengan usianya. Buku-buku yang menarik tentunya membuat sang anak semakin penasaran, seperti buku bergambar, buku latihan membaca, buku mengenal hewan, buku latihan berhitung, dan juga komik. Biasanya anak sangat menyukai jenis buku yang membuatnya semakin penasaran dan ingin berlama-lama dengan buku bacaan tersebut. Hal ini harus bunda ketahui untuk memilih jenis buku yang buah hati sukai.

    1. Pancing beberapa pertanyaan mengenai buku yang ia baca

    Ketika si buah hati siap membaca buku, maka anda bisa menanyakan isi dari buku tersebut. Hal tersebut akan memancing daya ingat sang anak dan mengetahui sejauh mana ia menyukai buku tersebut. Jika buku yang ia baca menurutnya sangatlah menarik, pasti sanga anak akan sangat antusias bercerita.

    1. Jadikan diri anda sebagai contoh untuk anak anda

    Jika anda ingin anak anda rajin membaca, maka di mulai dari diri anda sendiri dulu dan menjadikan membaca sebagai rutinitas. Apabila sang anak sering melihat orang tuanya membaca maka sangat mungkin anak anda akan menirunya. Apalagi anda menceritakan isi buku tersebut kepadanya dan membuatnya semakin ingin mengetahui isi buku tersebut. Anak pun akan penasaran untuk membacanya.

    1. Bacakan dongeng atau cerita yang manarik jika anak masih balita

    Anak balita tentu masih memiliki kemampuan yang minim saat membaca. Orang tua harus membiasakan diri untuk membacakan buku dongeng atau cerita kepada anaknya. Saat memberikan bacaan atau mendengarkan cerita kepadanya tak jarang anak tersebut menemukan kosa kata baru dan pengetahuan baru lain nya. Gaya berdongeng yang menarik akan membuat sang anak lebih berimajinasi dan semakin berimajinasi tinggi dan membuatnya semakin penasaran dengan buku-buku yang lainnya yang ceritanya semakin menarik.

    1. Jangan paksa anak

    Menumbuhkan minat baca untuk anak tentunya tidak dengan paksaan dan anak harus mengikuti kemampuan kita, usia anak-anak adalah usia dimana masih senangnya bermain dan beraktivitas di luar rumah yang lebih asyik dengan teman-temannya. Anda bisa mengajak buah hati untuk membaca saat waktu senggang atau saat berkumpul dengan keluarga. Jika anak tidak mau, bunda bisa merangsang atau merayu sang anak dengan rayuan yang menarik.

    Misalnya dengan mengatakan atau memberi pertanyaan kepadanya, “nak,... apakah sudah membaca buku yang ibu beli kemarin? Bukunya bagus loh, ibu aja ingin membacanya lagi karena ceritanya bagus”. Jika sanga anak belum juga mau untuk membaca maka sanga ibu harus lebih bersabar karena memang mungkin anak belum ingin membaca dan mau menghabiskan waktunya untuk bermain teman-temannya.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar