Guru SMKN 1 Pangkalankerinci Raih Prestasi Ke Tingkat Nasional

Daftar Isi

    Penyerahan simbolis pemenang Guru Berprestasi oleh Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan (batik bersalaman) didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan Drs H Syafruddin MM (batik kacamata)

    PELALAWAN -Setelah empat tahun berturut-turut guru SMKN1 Pangkalan Kerinci menjadi utusan pemenang guru berprestasi ke provinsi Riau, tahun keempat ini guru SMKN1 Pangkalan Kerinci meraih kemenangan, dan maju ke tingkat nasional. Pak Kamal Majdi, S.Pd sebagai pemenang ke nasional mengangkat masalah tentang Teknologi Tepat Guna tentang pembuatan Biodigester Solusi masalah sampah dan tinja. Kemenangan ini merupakan jalan panjang yang telah dilakukan oleh guru-guru SMKN1 Pangkalan Kerinci. Bagaimana terus berinovasi dan berkarya untuk memperoleh dan menciptakan hal-hal baru, yang bisa  meningkatkan prestasi siswa dan guru, sehingga mereka juga bisa menggunakan hasil dari praktek mereka untuk peningkatan serta nilai tambah dalam kewirausahaan di Unit Produksi Sekolah. Biodigester memiliki nilai jual yang bagus, akan kita perbanyak nantinya dan kita buatkan sebagai hasil Unit Produksi Jurusan Teknologi Energi Terbarukan (Biomassa).

    Kepala SMKN 1 Pangkalankerinci Nurasia MPd merasa sangat senang sekali, bagaimana selama ini terus memotivasi guru-gurunya menjadi guru yang bisa berinovasi dan memiliki kompetensi yang tinggi di bidangnya masing-masing dan bisa nantinya membawa Jurusan yang diampu masing-masing guru tersebut terus meningkat prestasinya dan mendapat kepercayaan yang tinggi dalam masyarakat dan DUDI. Sebagai kepala SMKN1 Pangkalan Kerinci Nurasia, M.Pd merupakan educator/pendidik yang merupakan Magister Bahasa dan Sastra UPI Bandung, terus memantau dan mengharuskan setiap gurunya bisa menulis, mereka harus menulis apa saja yang dikerjakan di kelas baik guru Normatif, Adaptif, dan guru jurusan. Teruslah menulis dan jadilah guru yang memiliki kepintaran untuk mengarsipkan semua yang kita kerjakan baik untuk menambah kompetensi sebagai guru, Ketua Jurusan, Kepala Kabeng, maupun guru- yang mendapat tugas menjadi penanggungjawab kegiatan sekolah. Menurutnya orang tidak akan percaya dengan apa yang kita kerjakan kalau tidak ada buktinya. Sebagai kepala SMKN1 Pangkalan Kerinci tugas mengadministrasi semua kegiatan Kompetensi Keahlian yang berjumlah 18 ini tentulah membutuhkan kerja keras.

    “Alhamdullillah, kita mampu berbicara sampai ke Nasional karena kita memiliki kekuatan tim baik guru dan siswanya, tahun pertama jadi Kepsek tahun 2012, kita dapat adiwiyata Nasional, kemudian membina 22 sekolah dan tahun 2015 SMKN1 Pangkalan Kerinci meraih adiwiyata Mandiri tingkat Nasional, sekolah binaanya 4 sekolah mendapat adiwiyata TK. Nasional, kita juga membuka diri untuk teman-teman yang ingin memperoleh Adiwiyata Mandiri untuk belajar bagaimana bisa meraih adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional, seperti SMAN 1 Pekanbaru dan MAN 2 Model yang berkunjung dan tukar pendapat serta bersilahturahmi ke SMKN1 Pangkalan Kerinci. Mendapat kepercayaan dari Pusat membuka jurusan baru walaupun jurusan di SMK1 Pangkalan Kerinci sudah 18. Melalui penilaian panjang dan pemberkasan serta bersaing dengan sekolah2 seluruh Indonesia, di buka hanya 4 sekolah seindonesia termasuklah SMKN1 Pangkalan Kerinci.,” tutur Nurasia.

    Saya juga berusaha supaya guru saya rajin menulis,  membuat PTK, Karya ilmiah dan TTG di Koran dan majalah, paling kurang berguna untuk penilaian kinerja dan kenaikan pangkat. Sehingga untuk kenaikan pangkat guru kita tidak begitu terhalang lagi. Siswa kita pun terus bersaing setiap tahun yang namanya FL2SN, O2SN, LKS, hampir setiap bidang siswa kita yang mewakili ke provinsi dan semua juara dan dua kali mewakili ke Nasional mendapat juara 1 tingkat Nasional kedua-duanya. Sekarang dengan majunya pak Kamal Majdi, S.Pd tentu akan menambah prestasi guru SMKN1 Pangkalan Kerinci, moga saja di Nasional Nanti kita bisa berbicara dan bisa meraih kemenangan. “Saya sangat mensupport guru saya dan dia memang giat berusaha mencari inovasi-inovasi yang baik dan berguna bagi siswa dan memacu kreatifitas guru-guru lainnya untuk menjadi yang terbaik. Walaupun SMKN1 Pangkalan Kerinci bergerak dalam keterbatasan dana karena kita sekolah full gratis,” sebutnya.

    Guru Berprestasi Kamal Majdi, SPd mengatakan sangat bersyukur atas kemenangan ini, kerja keras yang dilakukan ini moga-moga berbuah manis di tingkat nasional, saya mendapat dukungan sepenuhnya dari bu Nurasia mulai dari penyediaan alat bahan dan pengerjaanya serta penulisan hasil karya, kami sangat bersyukur memiliki pemimpin yang terus memotivasi kami untuk keberhasilan kami sebagai guru, dan sebagai peneliti yang bisa menemukan karya-karya inovasi untuk pengembangan pembelajaran dan kompetensi keahlian kami sendiri sebagai guru.  “Saya dengan siswa membuat biodigester ini untuk mengatasi masalah sampah dan tinja yang ada di masyarakat, karena gas yang dihasilkan aman walaupun beersentuhan dengan api dan tidak akan menimbulkan ledakan seperti yang akhir-akhir ini sering terjadi di masyarakat. Hasil karya saya juga sudah dikirimkan ke P4TK BMTI Cimahi, mereka sangat mendukung dan memotivasi hasil karya inovasi teknologi tepat guna ini,” paparnya.

    Selamat buat SMKN1 Pangkalan Kerinci, buat pak Kamal Majdi, S.Pd moga bisa jadi yang terbaik di tingkat nasional nantinya. Semua tentu tentu saja membutuhkan kerjasama yang kuat antara kepala sekolah, guru dan siswa. Semua tak lepas peran kepala sekolah memberikan motivasi dan dukungan secara menyeluruh sesuai dengan 5 kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah dan 7 program kinerja kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja dan prestasi guru, siswa dan sekolahnya. Semua membutuhkan kerja keras dan perjuangan yang besar, apalagi sekolah yang memiliki jurusan yang banyak di Indonesia. Semoga saja usaha-usaha yang terbaik tentu mendapat hasil yang baik, yang penting ALLAH SWT akan melindungi dan memberikan berkah pahala yang besar buat orang-orang bersemangat menyukseskan dunia pendidikan ini khusus buat kepala sekolah kita ini.(ea)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Guru SMKN 1 Pangkalankerinci Raih Prestasi Ke Tingkat Nasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar