Penyakit Diabetes dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa sih yang tidak tahu diabetes? Penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi sehingga dapat membahayakan nya para penderitanya. Banyak orang yang tidak mau terkena diabetes, namun mereka tidak tahu cara mengatasi penyakit ini. 

    Berikut kami rangkum mengenai diabetes agar anda dapat menghindarinya.

    1. Pengertian Diabetes

    Diabetes merupakan penyakit kronis yang dikarenakan gula darah diatas batas normal. Glukosa yang tidak mampu diserap sel tubuh sehingga memicu berbagai penyakit dalam. Diabetes dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit jika tidak dikontrol dengan baik, bahkan bisa membahayakan nyawa para penderitanya.

    Gula adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia. Hormone insulin yang mengendalikan kadar gula darah yang di produksi pankreas, letaknya berada di belakang lambung. Pankreas yang tidak mampu untuk memproduksi insulin dengan optimal akan diderita oleh pengidap diabetes. Sel yang ada di tubuh tidak akan mampu menyerap dan mengolah gula menjadi energi tanpa insulin.

    Pada umumnya kadar gula pada tubuh berkisar kurang 120-140 mg. normalnya kadar gula darah cenderung meningkat pada saat anda berusia 50 tahun ke atas. Orang yang tidak sering melakukan aktivitas pada usia tersebut biasanya rentan terkena diabetes. Faktor keturunan juga termasuk  penyebab adanya penyakit ini.

    1. Gejala Penyakit Diabetes

    Penyakit ini cepat berkembang hanya dalam beberapa minggu, bahkan ada yang hanya dalam hitungan  hari. Ada juga yang telah menderita diabetes namun ia tidak menyadarinya. Sebab gejala penyakit ini tidak begitu terlihat. Berikut gejala diabetes yang perlu anda ketahui :

    • Pandangan yang kabur.
    • Terasa lemas.
    • Luka pada kulit yang susah sembuh.
    • Sering infeksi pada kulit, gusi, atau saluran kemih.
    • Berat badan yang turun tanpa sebab.
    • Sering kali buang air kecil di malam hari.
    • Mudah haus dan lapar.
    • Massa pada otot yang berkurang.
    • Mulut terasa kering.
    • Kulit terasa gatal-gatal.
    • Mengalami rasa nyeri pada kaki, kaku, dan terbakar.
    • Timbulnya bercak hitam pada sekitar ketiak, leher dan selangkangan.

    Jika anda mengidap diabetes, mungkin anda akan merasakan gejala yang disebutkan diatas. Jangan merasa aman jika anda tidak merasakan gejala-gejala tersebut, karena ada juga tipe diabetes yang tidak menimbulkan gejala namun akan muncul setelah bertahun-tahun.

    1. Cara Mengatasi Diabetes

    Pada awal mengetahui penyakit ini mengidap pada tubuh anda tentu tidak percaya dan sulit untuk menerimanya. Jangan khawatir, penyakit ini tidak akan berbahaya jika anda dapat mengatasinya dengan baik. Beritahu juga keluarga anda jika terkena diabetes, sebagai orang terdekat tentu mereka akan membantu anda.

    Berikut cara mengatasi diabetes pada tubuh :

    1. Makan makanan yang sehat

    Semua orang harus mengonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menghambat aktivitasnya. Mengatur pola makan yang teratur serta sehat sama saja dengan melakukan terapi medis. Makanan sehat maksudnya ialah makan yang mengandung gizi, rendah lemak dan kalori. Anda pasti sering mendengar slogan “4 sehat 5 sempurna”, jenis makanan tersebutlah yang harus anda konsumsi setiap harinya.

    Jika anda tidak tahu apa saja yang termasuk dalam “4 sehat 5 sempurna”, kami akan menginfokannya kepada anda. Adapun makanan tersebut ialah :

    • Makanan pokok

    Makanan pokok adalah makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Yang termasuk makanan pokok, seperti Nasi, Gandum, Sagu, Umbi-umbian dll.

    • Sayur-sayuran

    Sayuran sangat dibutuhkan tubuh karena mengandung serat dan vitamin yang berguna pada system pencernaan manusia. Banyak jenis sayur yang dapat anda konsumsi sehari-hari. Sehingga anda tidak akan bisa untuk mengkonsumsinya.

    • Lauk pauk

    Lauk pauk mengandung gizi berupa protein yang berguna untuk membangun jaringan di tubuh dan mengganti jaringan tubuh yang lama. Contoh lauk pauk ialah ikan, tempe, ayam, tahu, dan telur.

    • Buah-buahan

    Buah mengandung gizi berupa vitamin dan mineral. Contoh buah ialah jambu, alpukat, apel, anggur dan masih banyak lagi.

    • Susu

    Susu disini sebagai pelengkap daripada daftar makanan sehat diatas. Fungsinya sebagai pelengkap gizi, jadi anda perlu mengkonsumsinya juga. Susu mengandung vitamin A, vitamin B12, vitamin D, kalsium dan fosfor.

    1. Tes gula darah setiap hari

    Anda perlu memantau kadar gula pada darah secara rutin, agar gula darah anda normal kembali. Sebaiknya anda memiliki alat ini sehingga dapat memeriksanya sendiri tanpa pergi ke dokter terus-menerus. Batasan gula darah yang perlu anda ketahui sebelum dan setelah makan antara lain :

    • Sebelum makan gula darah berkisar antara 70-130 mg/dl, jika berpuasa 8 jam biasanya berkurang 100mg/dl.
    • Sesudah makan gula darah berkisar antara 100-140mg/dl.

    Batasi makan makanan berlemak dan manis agar anda terhindar dari penyakit ini.

    1. Suntik insulin dan selalu minum obat

    Walaupun diabetes tidak dapat disembuhkan, namun anda dapat mengontrolnya dengan mengendalikan gula darah anda. Pengobatan diabetes ini bertujuan untuk mengatasi diabetes, menyeimbangkan kadar gula darah dan meminimalisir penyakit lainnya. Konsumsilah obat berdasarkan resep dokter anda masing-masing. Jangan gegabah dengan membeli obat sendiri Karena tidak ada jaminan obat tersebut cocok bagi anda. Penyuntikan insulin juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah anda.

    1. Olahraga secara teratur

    Olahraga adalah hal yang sangat penting bagi tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat, meregangkan otot serta membakar kalori dalam tubuh. Kalori yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang tentunya anda tidak ingin mengalaminya. Jadi olehragalah secara teratur agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

    Intinya, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi seimbang dan dibarengi dengan olahraga aktivitas yang mengeluarkan keringat agar badan tetap terasa segar. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak, karena sesungguhnya yang berlebihan itu tidak baik.(Taufik)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyakit Diabetes dan Cara Mengatasinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar