Manfaat Kentut Bagi Kesehatan Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kentut atau Flatulensi merupakan gas yang keluar melalui anus atau dubur yang di sebabkan gas yang terdapat di dalam perut. Kentut biasanya juga di kenal dengan sebutan buang angin. Jika angin masih berada di dalam perut dan belum di keluarkan, hal ini dapat menimbulkan penyakit lain yaitu kembung. Bau kentut berasal dari metana dan sulfur.

    Gas yang terdapat di dalam kentut terdiri dari 59% nitrogen, 21% hydrogen, 9% karbondioksida, 7% metana dan 4% oksigen. Suara kentut mempunyai suara yang terjadi berdasarkan getaran rektum. Gas kentut merupakan gas yang mudah terbakar. Karena gas kentut dapat terbakar maka hal ini di kembangkan dengan adanya gas pengganti gas untuk menyalakan api pada kompor gas.

    Bau kentut biasanya berasal dari makanan yang di konsumsi, seperti ketika mengkonsumsi daging secara berlebihan maka kentut memiliki aroma yang busuk. Kentut juga biasanya terjadi pada saat anda berada di dekat kipas angin dengan kurung waktu yang cukup lama.

    Ternyata kentut juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Di sini saya akan memberikan manfaat kentut bagi kesehatan manusia.

    1. Dapat Meredakan Nyeri Perut

    Distensi merupakan penyakit yang di akibatkan karena menahan kentut dalam kurung waktu yang lama. Penyakit ini menyebabkan sakit pada perut serta membuat rasa yang tidak nyaman pada tubuh. Menekan perut dengan perlahan merupakan cara yang efektif untuk mengeluarkan gas yang berada di tubuh ke saluran pencernaan sehingga hal ini dapat mengurangi rasa sakit pada perut.

    2. Dapat Mengatasi Kembung

    Kembung dapat timbul karena terdapat udara yang terjebak di dalam saluran pencernaan yang tidak bisa di keluarkan oleh tubuh. Jika anda membiarkan hal tersebut maka dapat mengakibatkan penyakit yang lain seperti  penyakit stroke. Pencernaan yang bermasalah juga dapat membuat perut kembung. Tetapi anda jangan khawatir dengan hal ini dikarenakan kembung bisa diatasi dengan cara kentut. Ketika anda buang angin atau kentut, udara yang masih terjebak di dalam tubuh dapat keluar melalui saluran pencernaan dan dapat mengurangi kembung.

    3. Mencium Kentut Dapat Menyehatkan Tubuh

    Mencium kentut dapat menyehatkan tubuh karena kandungan hidrogen sulfide yang terkandung pada kentut yang terdapat di usus. Hidrogen Sulfida dapat mencegah kerusakan mitokondria di sel tubuh dan dapat mengurangi risiko terserang penyakit. Jadi walaupun mempunyai aroma yang tidak sedap tetapi hal ini dapat bermanfaat bagi tubuh.

    4. Mendeteksi Alergi Makanan

    Kentut dapat mendeteksi alergi makanan yang terdapat di dalam tubuh. Alergi dapat meningkatkan frekuensi terjadinya kembung pada perut manusia. Contoh alerginya yaitu intoleransi laktosa. Jika anda mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan laktosa kemudian perut anda mengalami kembung dengan di sertai buang angin hal ini dapat memberikan isyarat kalau anda mengalami alergi tersebut.

    5. Dapat Membantu Menyeimbangkan Diet

    Saat anda berusaha untuk diet, anda harus mengetahui pola makan yang sehat dan seimbang. Tetapi anda cukup sulit untuk makan yang seimbang dan sehat. Tapi  anda tidak perlu risau ataupun khawatir karena kentut dapat membantu untuk menyeimbangkan asupan diet supaya tetap makan teratur.

    Jadi walaupun anda mengalami sakit perut atau kembung jangan khawatir karena sakit perut ini dapat di atasi dengan kentut. Dan kentut biasanya terjadi pada setiap usia orang karena biasanya perut masuk angin.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Kentut Bagi Kesehatan Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar