Makanan Khas Muntok Bangka Barat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan daerah Bangka yang begitu indah dan sangat menawan, banyak wisata yang ada di daerah ini, namun bukan hanya tempat wisata yang indah saja daerah ini ternyata memiliki wisata kuliner yang sangat banyak dan tentunya akan membuat anda ketagihan dan rindu jika telah berkunjung ke kota ini.

    Berbagai makanan khas yang terdapat di daerah Muntok Bangka Barat yang memiliki rasa pedas, manis dan dari yang berkuah juga berminyak. Berikut beberapa makanan khas Muntok Bangka Barat.

    1. Kue Bingke

    Kue bingke merupakan kue khas belitung, kue ini terbuat dari tepung terigu santan, gula, telur dan santan. Kue ini memiliki rasa yang manis yang mirip dengan bika ambon. Namun kue ini memiliki tekstur yang lembut dan padt berbeda dengan bika ambo yang teksturnya berongga.

    1. Rusip

    Merupakan sambal khas bangka yang memiliki rasa yang enak dan khas, rusip juga memberikan dampak yang bagus yaitu penurunan kolesterol karena bakteri asam laktat yang dihasilkan pada saat proses fermentasi sambal tersebut. Selain itu juga ada kandungan kalsium yang tinggi pada ikan teri yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah, sambal ini memiliki rasa yang khas yaitu pada rasa asam jeruk dan ikan serta rasa bawang dan cabe yang pedas.

    1. Belacan

    Ini merupakan salah satu makanan khas Bangka yang sangat terkenal, makanan satu ini mengalami proses fermentasi, makanan ini terbuat dari udang atau ikan yang difermentasikan kemudian dipadatkan. Makanan ini memiliki bau yang sangat khas dan sangat kuat sekali. Biasanya balacan ini dijadikan untuk bumbu makanan khas Bangka lainnya.

    Atau juga sebagai bahan tambahan pembuatan sambal. Atau bisa juga di panggang. Untuk pelengkapnya, biasanya belacan ini dicampurkan dengan berbagai bumbu seperti bawang, cabe garam dan gula jawa, semuanya di campur dan di aduk rata sehingga menjadi sambal yang khas, jangan lupa untuk menambahkan sedikit jeruk nipis atau jeruk kunci.

    1. Lempah Kuning

    Lempah ini berbahan dasar seafood, tetapi ada juga yang membuat lempah ini dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, di tambah dengan bumbu untuk menghasilkan cita rasa dari makanan laut lempah kuning tersebut. Di Bangka makanan ini dibuat dengan beragam olahan bahan lainnya, salah satu yang terkenal yaitu lempah kuning yang terbuat dari nanas dengan tambahan kunyit untuk kuahnya.

    1. Lakse (Lakso)

    Lakso merupakan makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari tepung beras, memang tampilan lakse ini kiirip dengan putu mayang namun lakse ini sangat berbeda dengan putu mayang karena di buat dari campuran tepung beras,  santan dan juga sagu santan, lakse ini disajikan dengan sup gangan yaitu kuah santan yang memiliki rasa ikan tenggiri yang sangat sedap sekali.

    Lakse ini memiliki rasa yang sangat khas dan sangat berbeda. Mungkin jika nada melihat sekilas tampilan dari lakse ini sangat mirip dengan putu mayang ternyata sangat berbeda sekali, jangan tertipu ya.

    1. Lempok Duren

    Ini satu lagi makanan khas bangka yang bahan utamanya adalah durian yang dicampur dengan gula pasir kemudian di campur dengan garam kemudian diaduk dalam wajan dengan api yang sedang. Makanan ini mirip dengan dodol namun lempok durian ini lebih lengit rasanya dan lengket, kuliner ini sangat menarik dibandingkan dengan kuliner lainnya. Bungkus lempok durian ini bisa menggunakan kertas minyak ataupun plastik.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Muntok Bangka Barat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar