Makanan Khas Klaten

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Klaten adalah sebuah nama dari kabupaten atau Kota yang bisa dibilang cukup unik, kenapa? Karena kabupaten ini diapit oleh 2 buah kerajaan dan 2 buah kraton. Dimana di bagian sebelah barat dari kabupaten atau kota ini ada sebuah kraton dari Kasunanan Yogyakarta dan disebelah timur ada kraton Kasunanan Surakarta. Selain keunikan itu daerahnya, Klaten juga mempunyai banyak kuliner yang akan memanjakan lidah anda.

    Berikut beberapa makanan khas Klaten yang wajib anda cob ajika anda berkunjung ke daerah ini.

    1. Sego Gundangan atau Nasi Gundangan

    Sego Gundangan atau yang biasa kita sebut dengan Nasi Gundangan ini merupakan salah satu makanan Kota Klaten dimana biasanya kita akan menemukan makanan ini pada pagi hari ketika orang-orang sarapan pagi. Sego Gundangan ini merupakan makanan sejenis acar yang dimana makanan ini terdiri dari beberapa sayuran yang segar ditambah bubuk kacang tanah dan juga parutan kelapa, biasanya juga ditambah dengan sejenis saus yang terbuat dari tempe.

    Satu porsi dari Sego Gundangan ini anda akan mendapatkan gundangan ditambah nasi dan juga lauk. Jika anda ingin mencicipi makanan khas Klaten satu ini anda bisa mendapatkannya dengan mudah yaitu di warung-warung makan penyedia sarapan pagi yang biasanya terdapat di tempat keramaian. Harga dari makanan ini juga cukup murah dengan rasanya yang istimewa.

    2. Geplak

    Geplak adalah makanan khas Klaten yang berupa cemilan yang terbuat dari parutan kelapa yang di masak lalu ditambahkan gula agar rasanya manis, karena seperti yang kita tahu bahwa makanan dari jawa memang terkenal dengan rasa manisnya.

    Geplak ini memiliki bentuk seperti bola-bola degan warna-warna yang akan menggugah selera anda. Makanan ini memang sangat cocok untuk menemani waktu santai anda bersama teman ataupun keluarga anda. Geplak sendiri merupakan oleh-oleh khas dari Klaten, jadi jangan lupa untuk membeli makanan ini jika anda berkunjung ke Kota Klaten ini ya.

    3. Wajik

    Makanan ini hampir sama dengan Geplak, yaitu berbahan dasar kelapa yang diparut lalu dimasak dan diberi gula, hanya saja untuk Wajik biasanya ditambah dengan beras ketan. Selain itu hal yang paling mencolok dalam membedakan antara Wajik dan juga Geplak adalah pada proses pengemasannya. Jika Geplak berbentuk bulat-bulat maka Wajik biasanya dibungkus dengan kertas yang dibentuk seperti kerucut. Biasanya Wajik ini akan menjadi lebih enak ketika semakin keras teksturnya.

    4. Slondok

    Slondok juga merupakan cemilan khas Klaten yang terbuat dari singkong yang sudah digiling dan juga diberi bumbu-bumbu special. Makanan ini memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk seperti gelang. Dulunya makanan ini hanya memiliki satu farina saja, akan tetapi dengan berkembangnya zaman Slondok pun akhirnya juga memiliki aneka farina rasa tetapi rasa original tetap tidak dihilangkan, sehinga anda masih bisa merasakan rasa Slondok dengan rasa originalnya.

    5. Keripik Belut

    Makanan ini biasanya dijadikan cemilan yang bisa dijadikan sebagai lauk makan. Untuk rasanya anda tidak perlu meragukannya lagi, rasanya sangat lah renyah dan juga gurih. Keripiki ini juga sehat karena memiliki bahan dasar belut. Agar bisa mendapatkan keripik ini anda bisa mencari di toko oleh-oleh khas Klaten, dan biasanya juga banyak terdapat di daerah sekitar Kota Klaten, jadi jangan sampai tidak membeli oleh-oleh khas Klaten ini untuk keluarga anda di rumah.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Klaten
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar