Korban Aksi Penembakan Bruntal di Selandia Baru Capai 50 Jiwa

Daftar Isi

    Foto: Karangan bunga di lokasi penembakan di Selandia Baru. (AP Photo/Vincent Thian)

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Kepolisian Selandia Baru menyatakan jumlah korban meninggal dalam peristiwa penembakan di dua masjid di Kota Christchurch bertambah menjadi 50 orang. Mereka menemukan jasad itu di salah satu masjid yang menjadi tempat kejadian berlangsung.

    "Saya menyatakan korban meninggal saat ini bertambah menjadi 50. Tadi malam kami berhasil membawa seluruh korban dari tempat kejadian. Dengan cara itu kami berhasil menemukan seluruh korban," kata Komisioner Kepolisian Selandia Baru, Mike Bush, seperti dilansir Reuters, Minggu (17/3).

    Mike menyatakan jumlah korban luka saat ini juga berjumlah 50 orang.

    Penembakan itu terjadi di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru. Yakni di Masjid Linwood dan Masjid Al Noor. Peristiwa terjadi ketika umat Islam setempat hendak menggelar Salat Jumat.

    Baca Juga: Dunia Mengutuk Penembakan Massal di Selandia Baru

    Aparat kepolisian Selandia Baru lantas menangkap empat orang, terdiri dari tiga lelaki dan satu perempuan, terkait kejadian itu. Seorang pelaku, Brenton Tarrant, adalah warga Australia.

    Brenton menyatakan diri sebagai penganut ideologi ekstrem kanan dan supremasi kulit putih. Dia sempat mengirim manifesto pemikirannya sebelum melakukan aksinya.

    Brenton bahkan merekam aksi keji itu dan disiarkan secara langsung melalui akun Facebook miliknya. Dia sudah diseret ke pengadilan dan didakwa dengan pasal pembunuhan.

    Tiga warga Indonesia menjadi korban dalam kejadian itu. Salah satu di antaranya, Lilik Abdul Hamid, meninggal.

    Sedangkan dua orang lainnya, yakni Zulfirmansyah dan anaknya, dirawat di ruang perawatan intensif di Rumah Sakit Christchurch. Zulfirmansyah disebut dalam keadaan kritis dan menjalani dua kali bedah. Sedangkan anaknya sudah stabil. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Korban Aksi Penembakan Bruntal di Selandia Baru Capai 50 Jiwa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar