Pusat Oleh oleh Khas Tabalong

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tabalong adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Kabupaten ini cukup sering dijadikan tempat untuk liburan pada saat musim liburan karena Kabupaten Tabalong memiliki berbagai macam keindahan alam yang akan membuat liburan anda menyenangkan. Setelah anda puas berlibur dan ingin beranjak pulang dari Kabupaten Tabalong, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari daerah ini.

    Untuk anda para pengujung Kabupaten Tabalong, anda tidak perlu lagi susah-susah mencari dimana saja tempat yang menyediakan oleh-oleh khas Tabalong, karena pada saat ini sudah berdiri Pusat Oleh-oleh Khas Tabalong (POKTA) dimana tempat ini menjadi sebuah wadah yang sangat berguna untuk menampung dan menjajakan produk ciri khas dari Kabupaten Tabalong.

    Letak dari POKTA ini juga cukup strategis karena letaknya berada di tepi ruas jalan utama di jalan Ir. PHM Noor, Pembataan, Murungpudak. Dimana tempat ini sebenarnya bekas dari kantor pemadam kebakaran.

    Jika anda berkunjung ke sini maka anda akan menemukan banyaknya oleh-oleh khas Tabalong ini, contohnya seperti produk kerajinan cendramata, aneka macam makanan dan minuman seperti madu, gula semut, kopi pasak bumi, dan juga cemilan-cemilan.

    Tempat ini diresmikan oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfani pada tahun 2015 lalu, serta didukung juga oleh PT Adaro Indonesia melalui program Corporate Social Responsibillity (CSR). Tempat ini sangat banyak menuai reaksi positif dari berbagai kalangan karena belum di semua daerah Indonesia yang membuat tempat seperti POKTA ini. Produk yang ditawarkan di POKTA ini juga sangat bagus dan berkualitas.

    Sang penggagas POKTA yang tak lain adalah Bupati Tabalong yaitu H Anang Syakhfiani menceritakan latar belakang dan tujuan dari dibuatnya POKTA sebagai wadah bagi produk-produk UKM lokal. Dulu Ia merasa prihatin para UKM daerah Tabalong yang tidak memiliki tempat khusus untuk menjual sekaligus promosikan produknya. Kini Alhamdulillah sudah memiliki POKTA sebagai sarana untuk promosikan produk lokal agar bisa lebih populer hingga keluar daerah.

    Ditambah Bupati Tabalong ini dilantik dalam jabatan dua periode ini, PT Adero sangat berperan penting dalam membantu daerah Tabalong untuk mendukung kemajuan UMKM di Tabalong seperti bantuan permodalan, pengembangan produksi, pengembangan SDM dan manajerial, dan pemasaran.

    Untuk anda ketahui bahwa produk-produk lokal yang tersedia di POKTA disuplai oleh 50 UKM yang bernaung di dalam program CSR PT Adaro Indonesia. PT Adaro Indonesia sendiri setelah turut membangun dan juga membesarkan POKTA melalui program CSR nya juga turut berkomitmen untuk terus membangun UKM, bahkan direncanakan untuk meluaskan pemasaran produk lokal khas Tabalong hingga merambah pemasaran secara online.

    Pusat oleh-oleh khas Tabalong (POKTA) yang ada di Kabupaten Tabalong ini bisa menjadi contoh untuk daerah daerah lain agar juga mendirikan Pusat oleh-oleh khas daerahnya masing-masing agar menjadi wadah untuk UMKM yang ada di daerahnya masing-masing. Karena selain memudahkan para wisatawan mendapatkan oleh-oleh khas dari daerah yang mereka kunjungi, juga untuk membantu kesejahteraan UKM daerah masing-masing. Pusat oleh-oleh khas ini selain sebagai wadah untuk menjajakan produk juga bisa sebagai wadah untuk mengenalkan produk khas daerah agar menjadi terkenal dan dilestarikan agar tidak punah oleh masa,  Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berkunjung ke daerah ini.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pusat Oleh oleh Khas Tabalong
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar