Kuliner Khas di Penajam Paser Utara

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Penajam paser utara merupakan salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Timur, kabupaten Penajam paser utara ini memiliki ibukota yaitu Penajam, kabupaten Penajam paser utara  termasuk kabupaten yang terbilang muda di provinsi Kalimantan Timur dan kabupaten ini dulunya merupakan pemekaran dari daerah kabupaten Pasir, kabupaten Pasir terletak di perbatasan selatan bagian kabupaten Penajam paser utara tersebut. 

    Kabupaten Penajam paser utara atau biasa di singkat oleh masyarakat disana yaitu dengan sebutan PPU ini memiliki banyak tempat wisata yang indah dan mempesona, tempat kabupaten Penajam paser utara terletak secara strategis dan tempatnya yang strategis mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke kabupaten ini.

    Selain terkenal akan banyaknya tempat wisata yang indah dan mampu menarik banyak perhatian para pengunjung, di kabupaten Penajam paser utara juga terkenal dengan makanan khas yang berasal dari kabupaten tersebut, kuliner di kabupaten Penajam paser utara sangat banyak di sukai oleh masyarakat Penajam paser utara itu sendiri maupun masyarakat dari luar kabupaten itu tersebut.

    Berikut kuliner khas yang berasal dari kabupaten Penajam paser utara yang sangat enak dan wajib untuk anda cicipi ketika berada di kabupaten Penajam paser utara,

    1. Dampo Durian

    Dampo durian merupakan kuliner yang wajib untuk anda coba ketika berada di kabupaten Penajam paser utara, durian di kabupaten Penajam paser utara sangat lah melimpah apalagi ketika musim durian tiba, durian di kabupaten penajam paser utara  biasanya dibuat oleh masyarakat sebagai jenis kuliner yang bernama Dampo durian.

    Dampo durian ini dibuat turun temurun oleh masyarakat di kabupaten Penajam paser utara tersebut serta dibuat dengan cara tradisional oleh masyarakat yang ada di kabupaten Penajam paser utara, masyarakat di kabupaten Penajam paser utara sengaja membuat dampo durian agar bisa memperoleh hasil keuntungan yang cukup besar ketika dijual dan juga bisa mengurangi durian yang terbuang sia-sia ketika musim durian tiba, durian dampo memiliki jual beli yang cukup tinggi ketika di pasarkan, karena peminat kuliner ini memilki peminat yang sangat banyak bahkan yang membeli kuliner ini dari luar kabupaten Penajam paser utara.

    1. Soto Penajam Paser Utara

    Soto penajam paser utara merupakan soto yang khas dan menjadi makanan kuliner di kabupaten Penajam paser utara, soto ini berpenampilan sama seperti soto yang umum kita temui di daerah kita, dan soto banyak di jual di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki khas soto nya tersendiri, baik itu dari warna kuahnya maupun cara pembuatannya pun berbeda, tapi di kabupaten Penajam paser utara memilki soto yang sangat enak dan khas disana.

    Soto di kabupaten Penajam paser utara memilki tampilan yang sangat enak dan menarik, soto tersebut memilki kuah yang kekuningan serta pada bagian dalam soto terdiri dari bahan seperti miehun, daging ayam ataupun daging sapi itu bisa kita minta sesuai keinginan kita, sayur-sayuran, dan bahan lainnya, ketika anda memesan soto ini anda akan di beri daging bakar yang sudah di tusuk seperti daging sate, daging sate tersebut sangat cocok disajikan secara bersamaan dengan soto yang enak, sehingga menciptakan rasa yang sangat sempurna.

    1. Bakso Penajam Paser utara

    Bakso di kabupaten Penajam paser utara ini memilki daya tarik yang sangat kuat dan mampu membuat para pengunjung yang mencicipi bakso yang khas dari kabupaten Penajam paser utara ini dijamin akan merasa ketagihan. Bakso khas kabupaten Penajam paser utara ini memiliki tampilan yang sama seperti bakso-bakso yang dijual pada umumnya, tapi bakso ini terbuat dari bahan-bahan yang khas dari kabupaten Penajam paser utara.

    Bahan tersebut terdiri dari daging sapi yang sudah digiling dan siap untuk di jadikan bakso, sayur-sayuran dari kabupaten Penajam paser utara, mie putih dan berbagai penyedap rasa, garam secukupnya dan lainnya, ketika anda mencicipi bakso yang khas dari kabupaten Penajam paser utara di jamin anda akan dibuatnya ketagihan dan ingin menambah porsi dari bakso tersebut.

    Kuliner di kabupaten penajam paser tidak kalah enak dan unik dibanding kuliner-kuliner yang khas dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia, kuliner tersebut wajib untuk anda cicipi ketika  berada di kabupaten penajam paser utara, karena rasa dari kuliner tersebut sangatlah enak dan unik, ketika anda mencicipi kuliner tersebut  dijamin anda akan dibuatnya ketagihan dan ingin menambah porsi makan kuliner yang khas di kabupaten Penajam paser utara ini. (Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kuliner Khas di Penajam Paser Utara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar