Waspadai Gejala Penggumpalan di Tubuh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Penggumpalan darah dalam tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Penggumpalan darah merupakan kondisi ketika darah berubah cairan menjadi gel. Sebenarnya penggumpalan darah ini sangat dibutuhkan untuk menghentikan aliran darah saat tubuh luka. Gumpalan darah yang tidak bergerak sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh kita. Akan tetapi gumpalan darah ini bergerak dan akan terbawa oleh aliran darah, maka hal tersebut dapat menyebabkan masalah.

    Bekuan darah yang tidak berbahaya menunjukan indikasi yang berbeda dikarenakan bekuan darah bisa terjadi dimana pun di dalam tubuh, dari otak sampai ke kaki.

    Darah beku yang terdapat di dalam pembuluh darah yang sudah mencapai jantung dan paru – paru maupun otak bisa mengakibatkan fatal. Salah satu akibat yang bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh adalah duduk terlalu banyak dan kurangnya olahraga. Sekain itu juga penggumpalan darah ini terjadi pada penderita sakit jantung.

    Penggumpalan darah yang terjadi di dalam tubuh kita ini dan bergerak melalui arteri dan vena menuju ke jantung dan otak. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mewaspadai agar tidak terjadi penggumpalan pada tubuh. Apabila sekali saja gumpalan darah ini masuk ke tubuh kamu maka dapat berpengaruh di dalam organ tubuh yang sangat penting.

    Supaya tidak terjadi penggumpalan darah di dalam tubuh, pastikan kamu harus mempunyai gaya hidup yang bagus. Jangan terlalu banyak duduk dan berbaring, karena hal tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah yang ada pada tubuh kita ini  tidak berjalan secara normal dan  tersumbat. Dan jika kamu duduk sambil menyilangkan kaki maka ini dapat mengurangi sirkulasi pada kaki.

    Selain itu juga, kamu harus menghindari pakaian ketat, karena ini bisa menyebabkan tekanan atau aliran darah tidak berjalan lancar. Agar kamu ingin terhindar dari komplikasi, harus melakukan olahraga secara teratur, maka hal itu dapat melancarkan tekanan darah.

    Sebaiknya, kamu melakukan olahraga setiap 3 atau 4 kali dalam seminggu. Apabila kamu melakukan perjalanan jauh jangan tetap sama dengan posisi awal, maka kamu harus merubah bentuk posisi duduk karena itu bisa menimbulkan tekanan darah pada kaki. Gerakkan lah kaki anda agar darah bisa mengalir dengan lancar. Kapan penggumpalan darah pada tubuh berbahaya ? Maka kamu haruslah berwaspada terhadap pembekuan darah Jika kamu mengalami gejala seperti dibawah ini :

    1. Ketika tubuh kamu terasa sakit dan apabila berolahraga juga tidak bisa hilang. Disaat olahraga makin terasa sakit.
    2. Ketika terjadi pembukuan darah atau pembuluh darah tersumbat, maka biasanya tubuh tersebut bengkak.
    3. Ketika kamu mengalami kram kaki di malam hari
    4. Ketika  kaki kamu berubah warna menjadi putih atau pun biru
    5. Ketika bagian yang bengkak tersebut akan terasa hangat jika di sentuh

    Apabila kamu mempunyai gejala – gejala seperti diatas sebaiknya kamu periksa diri ke dokter.

    Tapi, selain berobat ke dokter kamu juga bisa melakukan pengobatan di rumah. Salah satu langkah yang harus kamu lakukan adalah.

    • Hidup harus aktif
    • Harus mengendalikan kolesterol dengan makanan diet yang sehat.
    • Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol atau pun lemak.
    • Atasi lah tekanan darah
    • Harus mengurangi berat badan
    • Hindari makanan yang mengandung banyak gula
    • Berhentilah merokok

    Jika langkah tersebut tidak juga bisa mengurangi tekanan darah pada tubuh Kamu, maka kamu juga harus konsultasi ke dokter agar dapat penanganan lebih lanjut. (Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waspadai Gejala Penggumpalan di Tubuh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar