Makanan Khas Sungai Penuh, Jambi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sungai Penuh Merupakan Kota yang ada di Provinsi jambi,Sungai Penuh terkenal dengan keindahan alamnya yang indah dan tempat-tempat wisata yang sangat menakjubkan. Selain tempat wisata nya yang indah dan menakjubkan, Sungai Penuh yang terletak di Provinsi jambi ini juga mempunyai banyak Makanan khas yang asli dari Sungai Penuh.

    Makanannya banyak berbagai macam rasa, tentunya makan khas Dari Sungai Penuh Juga tak kalah enak dan menarik dari Kota-kota lainnya. Dan makanan dari Sungai Penuh juga sangat terkenal dan Sangat melegenda di Tempat sungai penuh itu sendiri.

    Berikut Makanan khas Sungai Penuh yang enak serta melegenda di kota tersebut dan tak akan kalah dengan Kota-kota lainnya,

    1. Makanan “Dendeng Batokok”, Sungai Penuh.

    Dengan Namanya nya sendiri sudah terlihat enak apa lagi kita makan. Dendeng Batokok ini Sangat berbeda dengan dendeng  pada umumnya. Dendeng Batokok ini memiliki Keunikan dan khas nya tersendiri, dimana dendeng Batotokok lebih terasa lembut dimakan dan bumbu-bumbunya sangat terasa di mulut kita.

    Itulah keunikan dari Dendeng ini, sangat berbeda dengan dendeng Yang pada umumnya kita makan. Dendeng pada Umumnya yang sering kita makan biasanya akan terasa agak sedikit keras dan terasa seperti keripik. Ini lah Makanan yang sangat melegenda dan enak serta khas dari Sungai Penuh.

    1. Ketan Durian.

    Makanan yang satu ini sebenarnya banyak Kita temui namun menjadi khas di Sungai Penuh yaitu Ketan Durian. Ketan durian ini Sangat populer di Kota sungai penuh dan sangat laku bila di jual. Yang membeli ketan durian ini biasa  orang dari luar Sungai penuh maupun orang dalam atau penduduk lokal Sungai Penuh.

    Ketika Anda berkunjung di Kota Sungai penuh anda akan dapat menemukan makanan Yang khas ini. Biasanya orang-orang dari Kota sungai penuh mulai berjualan di bagian tepi pusat kota nya, dan biasa di buka pada jam 4 atau jam 5 sore dan biasanya mereka berjulanan sampai larut malam.

    Banyak berbagai macam Ketan yang yang di jual bersamaan dengan durian, contoh nya Ketan hitam, ketan merah, dan ketan putih. Biasanya orang-orang yang membeli ketan durian ini lebih suka memakai ketan putih dan merah, karena lebih cocok bila di makan dengan secara bersamaan dengan durian. Karena itu Makanan ini sangat khas dan melegenda di Sungai Penuh.

    1. Soto Semerup.

    Makanan Khas dan melegenda lainnya yaitu Soto Semerup. Soto semerup yang hampir sejak dari 20 tahun yang lalu masih berjaya dan sampai sekarang masih populer di Kota Sungai penuh ini. Soto Semerup tidak mau kalah dengan rasa dan khasnya yang asli dari Sungai penuh, soto ini hampir mirip tampilannya dengan soto Padang pada umumnya.

    Tapi soto ini memiliki cara pembuatannya yang khas, soto ini memiliki kuah yang kuning serta dengan irisan dendeng pada bagian atasnya ,lalu di kasih sepotong kentang goreng, lalu di tuangkan kuah yang berbumbu kaya akan rempah-rempah dalam mangkok. Hmmm sangat enak sekali kalau kita bayangkan.

    Tak cuma itu soto semerup juga mempunyai rasa tambahan, biasanya soto semerup di kasih seulas jeruk nipis, telur rebus yang sudah di potong kecil-kecil, cabe merah, kecap manis, dan pastinya di kasih kerupuk emping, dan Kuah Soto semerup ini terbuat dari rempah-rempah dari jahe, bawang putih, garam, kunyit, cuka, daging dan tulang. Dulunya Soto ini diracik oleh Ibu Zubaidah sejak tahun 1982,dan sekarang di teruskan serta di kelola oleh anaknya yang bernama Afrida. Dan Lokasi tempat soto ini berada di dekat pasar Sungai penuh sekitar jarak lokasi 11 kilometer.

    1. Dodol Kentang.

    Dodol ini juga termasuk dari makanan Khas di Bagian Kota Sungai Penuh dJambi. Dodol yang terbuat dari kentang ini sangatlah enak dan lezat, selain itu dodol ini mempunyai berbagai macam rasa , mulai dari rasa gula aren, pandan, sampai rasa durian pun. Dodol Kentang sangat enak dan memiliki rasa kentang yang kental dan di tambah berbagai macam rasa dan pilihan.

    Sekian Dari Artikel ini saya buat semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita untuk mengetahui makanan-makan Khas yang ada di Sungai Penuh, Jambi.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Sungai Penuh, Jambi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar