Resiko Akibat Jarang Olahraga

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Olahraga merupakan kebutuhan, apabila kita tidak memenuhi kebutuhan ini tubuh kitalah yang akn meminta sendiri. Tubuh memberikan bermacam macam tanda supaya kita bergerak.

    Apa tanda kurang olahraga yang ditunjukan oleh tubuh :

    1. Selalu Lelah

    Jika kita merasa lelah sepanjang hari, walaupun kita telah makan dan juga sudah tidur yang cukup. Oleh karena itu kamu membutuhkan Olahraga.

    Penelitian dari University Of Georgia mengatakan bahwa dengan berjalan selama 20 menit di sertai latihan aerobik sebanyak 3x seminggu dan dilakukan secara rutin dapat meningkatkan energi kita sebanyak 20 persen.

    Olahraga dengan teratur dapat berpengaruh langsung pada sistem saraf pusat untuk dapat memerangi kelelahan bahkan dapat mencapai sebanyak 65 persen.

    Olahraga yang teratur bisa meningkatkan fungsi daya tahan tubuh kita sepanjang hari. Setelah kita melakukan aktivitas sehari hari, maka kita tidak akan mudah lelah dan akan lebih mempunyai lebih banyak sisa energi. Ternyata dengan olahraga dapat membuat mitokondria yang memproduksi energi yang ada di dalam sel. Tentu dengan olahraga akan banyak tersisa dan cadangan energi yang banyak, sehingga kita tidakmudah lelah.

    1. Badan terasa pegal-pegal

    Apabila kita bangun pagi maka akan terasa lutut, punggung, dan bahu sakit. Padahal kita tidak melakukan aktivitas yang berat, itu merupakan tanda kita jarang olahraga.

    Terkadang rasa pegal-pegal ini bisa membuat orang menunda-nunda untuk olahraga. Dengan menggerakan persendian, dan otot makan akan lebih rileks dan darah yang mengalir akan lancar ke seluruh tubuh dan dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Orang mempunyai rasa sakit dan pegal dengan olahraga akan meringankan gejala yang dirasakan dengan cara olahraga dengan teratur.

    1. Merasa Stres yang bertubi tubi

    Apa kah kamu stress karena memikirkan banyak hal? Atau takut yang berlebihan. Itu merupakan tanda bahwa tubuh butuh olahraga.

    Dengan olahraga kita merasa lebih senang dan merasa tenang. Olahraga juga dapat meningkatkan kadar endorfin yang terdapat di dalam tubuh. Endorfin ini ialah hormon alami yang dapat memberikan rasa tenang dan senang.

    Jadi dengan olahraga kita akan merasakan suasana hati yang lebih baik , rileks dan akan lebih tenang.

    1. Tak pernah merasa tenang

    Ketika kamu merasa sering lapar itu menandakan bahwa kamu butuh olahraga dan juga menandakan bahwa kamu kurang olahraga.

    Ketika kurang olahraga tubuh kita akan merasakan lelah. Akan tetapi sebenarnya tubuh yang lelah bisa menghasilkan hormon yang lebih banyak atau hormon yang dapat mengatur sensor lapar. Apabila hormon ini maka menyebabkan kita ingin makan sepanjang hari.

    Olahraga juga bermanfaat untuk menekan nafsu makan yang baik. Orang yang sering olahraga secara teratur dapat mengendalikan hormon kita menjadi lebih baik dan perasaan lapar akan terjaga.

    1. Konstipasi atau sembelit.

    Sembelit juga tanda bahwa kamu kurang olahraga, bukan karena kurang makan yang berserat saja. Olahraga dapat membantu melancarkan gerakan pada sistem pencernaan. Ketika seseorang yang kurang olahraga maka proses pencernaan pada tubuhnya akan lambat atau terganggu.

    1. Berat badan makin naik.

    Apabila kita jarang olahraga maka berat tubuh akan semakin naik. Bahkan atlet profesional sekalipun jika berhenti olah raga selama 5 minggu saja dapat mengalami penambahan lemak di dalam tubuh sebanyak 12 persen. Peningkatan lemak ini sering terjadi di lingkar pinggang.

    1. Kesulitan tidur

    Apabila kamu merasa susah untuk tidur, maka itu akibat kamu jarang olahraga. Olahraga juga dapat membuat orang kantuknya penuh di malam harinya, sehingga mata tidak akan sulit untuk tidur.(Wini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Resiko Akibat Jarang Olahraga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar