Seorang Pekerja Tewas Akibat Terkena Ledakan Pipa Minyak PT BSP

Daftar Isi

    Lokasi tempat meledaknya pipa minyak milik PT BSP.

    LANCANGKUNING.COM,SIAK-Kasus kecelakaan kerja yang menewaskan pekerja di industri minyak di Riau tidak hanya menimpa pekerja pada PT Pertamina Hulu Energi. Namun, juga dialami pekerja PT Bumi Siak Pusako.

    Seorang pekerja yang diketahui bernama Anto (36) asal Kecamatan Sungai Apit tewas setelah pipa minyak PT BSP di Area Bekasap 02, Kampung Dayun, Kecamatan Dayun meledak.

    Kasus ini kemudian masuk ke ranah hukum, setelah Polres Siak menurunkan penyidik memeriksa penyebab ledakan yang juga melukai tiga orang pekerja lainnya. 

    Dikatakan Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja peristiwa ledakan pipa minyak yang terjadi pada Kamis, (26/1/2023), itu juga mengakibatkan tiga orang pekerja mengalami luka ringan. Korban meninggal dunia diketahui bernama Anton (36) asal Kecamatan Sungaiapit, Siak.

    Dari lokasi kejadian, jelas Kapolres, jajarannya mengamankan sejumlah barang yang digunakan korban saat kejadian dan memasang garis polisi di TKP untuk keperluan penyelidikan.

    Peristiwa ledakan itu bermula saat pekerja akan mengambil gate valve dari pipa minyak di sumur yang sudah tidak aktif di Bekasap 02 Dayun. Pipa itu akan digunakan ataudipindahfungsikan ke pipa sumur yang masih aktif.

    Pekerja memotong pipa tersebut dengan peralatan las hingga percikan api memicu terjadinya ledakan karena diduga masih adanya sisa gas di dalam tabung pipa.

    Sekretaris Perusahaan PT BSP Riki Hariansyah dikutip dari Antara mengatakan korban ledakan pipa minyak merupakan pekerja dari mitra perusahaan, yaitu PT Daya Tama Pola Nusantara.

    Berdasarkan keterangan dari Humas SKK Migas Sumbagut, tambah Riki, kejadian tersebut bukan ledakan sumur, melainkan ledakan dari fasilitas pipa yang sudah tidak dipakai di Area Bekasap 02 Dayun saat kegiatan pemeliharaan rutin dan pemanfaatan aset.

    Peristiwa terjadi saat akandibukanya dam valve yang tersambung dengan pipa tersebut, sementara di dalam pipa masih ada gas hidrokarbon yang masih terperangkap.

    "Total ada empat korban, bukan lima. Tiga korban luka ringan dan satu orang meninggal setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit Awal Bros. Seluruh korban luka sudah ditangani dengan baik," ujar Riki.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Seorang Pekerja Tewas Akibat Terkena Ledakan Pipa Minyak PT BSP
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar