Upaya Tekan Inflasi, Gubri Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Perkarangan Rumah

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi cabai

     

    Lancang Kuning, SIAK - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengajak masyarakat Riau khususnya untuk menanam cabai di perkarangan rumah masing-masing. Penanaman cabai merah dan juga bawang merah ini merupakan salah satu upaya menekan inflasi di daerah.

    Hal tersebut disampaikannya, saat meninjau operasi pasar sekaligus menyerahkan secara simbolis Bantuan Keuangan Khusus untuk Desa, telah berlangsung di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Jumat (19/08/2022).

    Menurut Gubri Syamsuar, berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo, yang mana setiap daerah inflasinya harus di bawah lima persen. Sedangkan, saat ini inflasi Provinsi Riau mencapai 7 persen dan Pemprov Riau terus berupaya menekan inflasi melalui operasi pasar dan mengajak penanaman cabai.

    "Kami mengajak seluruh masyarakat, untuk bersama-sama untuk menanam cabai ini," katanya.

    Penanaman cabai ini, ungkapnya dapat di mulai dari perkarangan rumah masing-masing. Kegiatan ini kedepannya diharapkan dapat menekan inflasi agar capaian di bawah lima persen inflasinya dapat terwujud.

    Saat kunjungan kerja ke Kabupaten Siak tersebut, Gubri juga menjelaskan, bahwa pihaknya juga telah mengajak para santri yang Pondok Pesantren (Ponpes) untuk ikut menggerakkan penanaman pangan terutama berkaitan cabai ini.

    Selanjutnya, ia menerangkan, melalui Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan  mengarahkan untuk mengajak desa untuk menanam cabai dan bawang merah untuk menjaga inflasi.

    "Alhamdulillah, arahan ini sudah kita lakukan, kita juga terus mengajak masyarakat atau melalui BUMDes untuk bersama melakukan penanaman cabai ini," ucapnya.

    Syamsuar menambahkan, selain mengajak masyarakat untuk ikut menanam cabai di perkarangan rumah, pihaknya juga mengajak seluruh BUMDes di Provinsi Riau untuk ikut mendukung dan menyiapkan lahan untuk melakukan penanaman cabai.

    "Hal ini tentunya upaya kita bersama untuk menjaga inflasi kita.  Kita lakukan secara bertahap, semua ini yang penting bagaimana kita kerja nyata, agar inflasi kita dapat turun hingga di bawah lima persen," harapnya.

    Pada kesempatan lain, Gubri juga mengajak Forum Komunikasi Umat Beragama  (FKUB) Provinsi Riau untuk ikut menanam tanaman pangan di perkarangan serta memanfaatkan lahan  untuk menanam cabai.

    "Jika masyarakat bersatu dalam gerakan ini, maka diharapkan dapat menekan inflasi," tutupnya. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Upaya Tekan Inflasi, Gubri Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Perkarangan Rumah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar