Survei Spin: Publik Ingin Cawapres Prabowo Dipilih oleh Jokowi

Daftar Isi

    Foto: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto temui Presiden Jokowi (kiri). (Istimewa)

     

    Lancang Kuning – Lembaga riset Survei dan Polling Indonesia (Spin) menyebutkan bahwa elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi pertama sebagai tokoh paling dipilih sebagai calon presiden (capres).

    Survei tersebut juga menguji siapa sosok yang paling diinginkan oleh publik  sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Prabowo. Direktur Spin Igor Dirgantara mengungkapkan, publik menginginkan agar cawapres Prabowo adalah orang yang dipilihkan oleh Presiden Joko Widodo.

    "Ternyata yang menduduki peringkat satu sebanyak 17,8 persen itu pilihan Jokowi. Publik ingin cawapres Prabowo itu dipilih oleh Presiden Jokowi jika nanti maju lagi pada Pilpres 2024," kata Igor saat menyampaikan Temuan Hasil Survei Kepemimpinan Nasional 2024 secara daring di Jakarta, Jumat, 8 Juli 2022.

    Igor berpendapat bahwa hasil survei periode Juli ini berdasarkan sejumlah alasan, antara lain, kecenderungan pemilih Jokowi akan bermigrasi pada Prabowo.

    Mengingat sang Presiden tak bisa lagi maju pada pemilu mendatang. Alasan lainnya, publik mengapresiasi keputusan Prabowo bergabung ke pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Kinerja positif Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, dan sentimen di media sosial yang juga positif.

    Jokowi dianggap dapat menjadi 'King Maker' atau orang yang memiliki kekuatan besar dalam sebuah hasil pemilihan presiden. Hal ini bila tidak ada calon presiden yang dominan pada Pilpres 2024.

    "Kalau pada tahun 2024 tidak ada calon yang dominan seperti Presiden SBY pada tahun 2009 dan Presiden Jokowi pada tahun 2019, peluang Presiden Jokowi sebagai king maker makin kuat karena tidak ada calon yang dominan. Apalagi, ada presidential threshold 20 persen," ujarnya.

    Selain pilihan Presiden Jokowi, hasil survei Spin juga mengungkap nama-nama urutan kedua hingga kelima berdasarkan keinginan publik mendampingi Prabowo, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (10,9 persen), Ketua DPR Puan Maharani (10,3 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (9,9 persen), dan Wakil Ketua DPD Muhaimin Iskandar (7,2 persen).

    "Selanjutnya ada nama Menteri BUMN Erick Thohir 3,4 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uni 2,3 persen, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono 2,2 persen," ujarnya.

    Survei Spin ini dilakukan pada tanggal 25 Juni-5 Juli 2022 dengan total jumlah responden 1.230. Kriteria responden adalah penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah. 

    Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel menggunakan multi-stage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,8 persen. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung. 



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 8 Juli 2022 - 21:37 WIB
    Judul Artikel : Survei Spin: Publik Ingin Cawapres Prabowo Dipilih oleh Jokowi
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/politik/1495287-survei-spin-publik-ingin-cawapres-prabowo-dipilih-oleh-jokowi?page=all
    Oleh : Lis Yuliawati,Anwar Sadat

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Survei Spin: Publik Ingin Cawapres Prabowo Dipilih oleh Jokowi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar