Inovasi Pengelolaan Wakaf Harus Manfaatkan Teknologi Digital

Daftar Isi

    Foto: Rakor Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Riau dan Perwakilan Badan Wakaf Indonesia kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Upaya pengembangan dan pemanfaatan wakaf harus didukung dengan inovasi untuk mengajak masyarakat dalam berwakaf agar manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat. 

    “Upaya pengembangan wakaf kepada masyarakat dengan pemanfaatan teknologi digital dengan membudayakan literasi wakaf," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Riau SF Hariyanto di Aula Dang Merdu Bank Riau Kepri, Pekanbaru, Jumat (25/3/2022).

    SF Hariyanto mengatakan, bahwa media sosial (Medsos) adalah sarana yang dapat digunakan dan dimaksimalkan untuk mensosialisasikan bahkan dapat digunakan juga untuk menghimpun dana wakaf secara langsung.

    Selain itu, lanjut Sekda Riau, sosialisasi wakaf melalui media sosial dinilai sangat membantu masyarakat mengenal berbagai macam bentuk wakaf yang sedang berkembang.

    "Lebih efektif memberikan informasi terkait cara wakaf yang mudah melalui perangkat seluler yang hampir dimiliki oleh seluruh masyarakat khususnya bagi generasi milenial yang sangat intens berinteraksi dengan media sosial. Sehingga wakaf dapat dikenal secara luas dan dikenal dengan kemasan menarik dan memotivasi," imbuhnya

    Maka dari itu, kata SF Hariyanto efek dari wakaf ini akan dapat terasa untuk dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dan negara khususnya dimasa pandemi covid-19.

    “Saat ini pandemi memberikan inklusi digital termasuk pada sektor perwakafan. Ini saatnya wakaf berbasis digital dikembangkan untuk mempromosikan ajakan berwakaf, memudahkan donatur dalam bertransaksi serta membantu aspek pengelolaan zakat," tuturnya. 

    Ia juga menambahkan bahwa wakaf saat ini juga diperluas inovasi produk yang lebih terintegrasi dengan sektor keuangan komersial sebagai produk perbankan syariah, pasar modal syariah dan asuransi syariah. 

     

    (Mediacenter Riau/dk)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Inovasi Pengelolaan Wakaf Harus Manfaatkan Teknologi Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar