Alasan Pengusaha Rusia Buat Sayembara Rp14,3 M Tangkap Putin

Daftar Isi


    Foto: Pengusaha Rusia bikin sayembara tangkap Presiden Vladimir Putin. (REUTERS/SPUTNIK)

    Lancang Kuning -- Pengusaha Rusia Alex Konanykhin dilaporkan membuat sayembara tangkap Presiden Vladimir Putin sebagai penjahat perang. Ia menyebut alasan dari sayembara tersebut adalah beban moralnya sebagai warga Rusia.

    "Sebagai seorang etnis Rusia dan warga negara Rusia, saya melihatnya sebagai kewajiban moral saya untuk memfasilitasi denazifikasi Rusia," ujar Konanykhin dalam sebuah unggahan di Facebook, Rabu (2/3), dilansir CNN Indonesia. 

    "Saya akan melanjutkan bantuan saya ke Ukraina dalam upaya heroiknya untuk menahan serangan gencar Orda Putin."

    Dalam unggahannya, Konanykhin menjanjikan hadiah sebesar US$1 juta atau sekitar RP14,3 miliar untuk mereka yang dapat menangkap Putin.

    "Saya berjanji untuk membayar $1.000.000 kepada petugas yang, sesuai dengan kewajiban konstitusional mereka, menangkap Putin sebagai penjahat perang di bawah hukum Rusia dan internasional," tulis Konanykhin.

    "Putin bukan presiden Rusia karena ia berkuasa dengan hasil dari operasi khusus meledakkan gedung-gedung apartemen di Rusia, kemudian melanggar Konstitusi dengan menghilangkan pemilihan umum yang bebas dan membunuh lawan-lawannya," imbuhnya.

    Sebelumnya, Konanykhin mengumumkan sayembara dengan foto Putin yang disertai tulisan 'Wanted: Dead or alive. Vladimir Putin for mass murder." Namun dalam unggahan terbarunya, Konanykhin menyebut unggahan tersebut telah dihapus oleh Facebook.

    Unggahan itu disertai dengan gambar dengan foto Putin dan kata-kata "Dicari: Mati atau hidup. Vladimir Putin untuk pembunuhan massal."

     

    Sejarah Konanykhin dan Pemerintah Rusia

    Dilansir dari Jerussalem Post, Konanykhin disebut memiliki sejarah pertikaian dengan pemerintah Rusia.

    Pada 1996, saat tinggal di AS, Konanykhin dan istrinya ditangkap oleh agen imigrasi federal dengan tuduhan melanggar persyaratan visa Amerika mereka. Kasus tersebut tampaknya dipicu setelah otoritas Rusia mengklaim Konanykhin menggelapkan US$8 juta dari Bank Pertukaran Rusia di Moskow.

    Kasus ini berlangsung selama berminggu-minggu, dan sejumlah agen FBI bersaksi bahwa mafia Rusia telah membuat kontrak untuk membunuh Konanykhin.

    Selain itu kesaksian lain datang dari mantan agen KGB yang mengatakan bahwa dia memiliki keraguan tentang tuduhan penggelapan uang yang diajukan terhadap Konanykhin.

    Selama masa persidangan, Konanykhin bersaksi bahwa beberapa rekanan perusahaannya di Bank Pertukaran Rusia mulai menekannya untuk mendapatkan uang. Kemudian mereka juga disebut membuat ancaman dan mendorongnya untuk pindah ke Hungaria.

    Lebih lanjut, Konanykhin mengeluh tentang ancaman dari pejabat Rusia dan bahkan dari Presiden Rusia saat itu, Boris Yeltsin.

    Meski demikian, otoritas Rusia mengklaim bahwa versi Konanykhin tentang peristiwa itu adalah palsu dan bertujuan untuk memfitnah.

    Sebuah penyelesaian untuk kasus ini akhirnya tercapai dan Konanykhin dibebaskan dari penahanan serta diberikan suaka politik.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alasan Pengusaha Rusia Buat Sayembara Rp14,3 M Tangkap Putin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar