Menag Yaqut: Alumni UIN Harus Bangga Karena Punya Nilai Lebih

Daftar Isi


     

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Menurut Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas selama ini alumni dari Universitas Islam Negeri (UIN) merasa selalu jadi kelas nomor dua, jika dibandingkan dengan alumni dari universitas umum. Persepsi ini adalah pandangan yang keliru.

    “Menurut saya tidak selalu begitu. Banyak Alumni UIN yang menjadi orang-orang besar, memiliki peran yang sangat besar, menjadi penentu baik buruknya, hitam putihnya bangsa ini,” katanya saat memberi sambutan dalam pelantikan Ikatan Keluarga Alumni UIN Suska Riau di Pekanbaru, Rabu (23/2/2022).

    “Kenapa saya setuju untuk berada di sini, karena memang saya ingin menyampaikan hal ini. Saya ini bukan alumni UIN, saya ini alumni UI. Tapi saya ingin menyampaikan besar bahwa alumni UIN itu tak boleh minder,” katanya.

    Menurut Menag Yaqut, para alumni UIN harus merasa sebaliknya, berada di posisi atas daripada alumni-alumni universitas lainnya. Hal tersebut lantaran ada nilai keagamaan yang dibawa oleh alumni-alumni UIN yang sejatinya menjadi nilai tambah dibandingkan alumni dari universitas lainnya.

    “Kalau yang lain-lain itu paling jadi serjana dan intelektual biasa. Tapi alumni UIN itu bisa jadi intelektual, jadi pejabat yang menguasa agama. Jadi nilai-nilai agama dari UIN itu adalah nilai tambah,” terangnya.

    Dia meminta kepada para alumni UIN untuk menyadari bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah agama itu adalah nilai-nilai kebaikan, dan pastinya sangat kompetitif dibanding nilai-nilai yang lain. 

    “Maka bersyukurlah para alumni UIN itu, sebab kawan-kawan para alumni UIN ini memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh alumni perguruan tinggi lainnya yang tidak termasuk dalam naungan Kementerian Agama,” sebutnya.

    Sekedar informasi, pelantikan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Suska Riau digelar di UIN Suska Riau kampus Sukajadi, Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, Rabu, 23 Februari 2022. Sedangkan, yang menjabat sebagai Ketua IKA UIN Suska Riau yakni Abdul Wahid, anggota DPR RI Dapil Riau dari Fraksi PKB.(rie/mcr) 
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menag Yaqut: Alumni UIN Harus Bangga Karena Punya Nilai Lebih
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar