Putri Melayu Kelahiran Kota Selat Panjang Jadi Profesor IT Pertama di Riau

Daftar Isi

    Foto: Prof Dr Okfalisa, ST, M.Sc.

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Putri Melayu Riau kelahiran kota Selat Panjang, Prof Dr Okfalisa, ST, M.Sc merupakan Profesor IT pertama di Provinsi Riau. Selain itu, ia juga guru besar bidang ilmu Teknik Informatika di Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

    Prof Dr Okfalisa ditetapkan sebagai guru besar di UIN Suska Riau oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, pada tanggal 1 November 2021 lalu dan dikukuhkan, pada Rabu (2/2/2022) pagi oleh Rektor UIN Suska Riau di Auditorium Gedung Rektorat.

    Profesor atau guru besar adalah prestasi tertinggi di bidang akademik dengan penilaian Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dalam bidang pendidikan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

    Saat pengukuhan, Prof Dr Okfalisa mengucapkan terima kasih kepada semua civitas akademika UIN Suska Riau atas dukungan yang telah diberikan, sehingga bisa meraih gelar Profesor dan menjadi guru besar di UIN Suska. Karena menurutnya, tanpa bantuan dan dukungan tersebut tentunya kegiatan pengukuhan tidak akan terlaksana dengan baik.

    "Terima kasih semua atas dukungannya, karena tanpa dukungan dari semuanya maka kegiatan ini tidak akan terlaksanakan dengan baik," katanya, dikutip dari mediacenterriau

    Okfalisa lahir di Kota Selat Panjang 28 Oktober 1977, usianya kini telah memasuki 44 tahun. Di UIN Suska Riau beliau merupakan guru besar perdana di Fakultas Teknik dan Informatika. selain itu ia juga satu satunya guru besar termuda di UIN Suska. 

    Dalam 5 tahun terakhir Okfalisa berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas penelitiannya beserta tim peneliti internal dan external UIN Suska. Ia mendapatkan hibah dana penelitian yang bergengsi di tingkat nasional meliputi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Bank Indonesia Institut dan Kementerian keuangan Republik Indonesia.

    Adapun fokus bidang kajiannya yaitu pada pengembangan digitalisasi pada UMKM dan Syariah Fintech Recommandation System. Untuk kontribusi dalam pengembangan kelimuan, beberapa event beliau diundang sebagai pembicara di tingkat nasional dan internasional.

    Prestasi yang diperolehnya kini tentu merupakan buah perjuangan dan kerja kerasnya dari bangku sekolah dasar (SD) hingga Sekolah menengah tingkat atas (SMA). Ia mendapatkan predikat juara kelas selama melaksanakan pendidikan di Kota Pekanbaru, keberhasilan meraih prestasi ini atas dukungan keluarga.

    Kemudian, dengan minat perkembangan keilmuan bidang informatika beliau melanjutkan studi S1 di STT Telkom Bandung dan melanjutkan jenjang S2-S3 di Faculty Computer Science and Information System di Universiti Teknologi Malaysia. 

    "Semoga gelar profesor dan amanah yang diberikan kepada saya dapat mengiring saya kejalan yang di ridhoi Allah," tutupnya.

    Di tempat yang sama, Rektor UIN Suska Riau, Khairunnas Rajab, sangat bangga dan senang sekali sehingga iya mengucapkan selamat kepada Okfalisa yang telah menjadi Profesor sekaligus guru besar UIN Suska Riau di Fakultas Sains dan Teknologi.

    "Berkah untuk UIN Suska Riau, berkah untuk bersama," pungkasnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Putri Melayu Kelahiran Kota Selat Panjang Jadi Profesor IT Pertama di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar