Viral Tempat Karantina COVID-19 di Asrama Haji Surabaya Tak Terawat

Daftar Isi

    Foto: Asrama Haji Surabaya. (Nur Faishal / VIVA.co.id)

     

    Lancang Kuning – Seorang warganet pemilik akun Twitter @swimmin_dorry mengeluhkan fasilitas karantina bagi pasien COVID-19 di Hotel Asrama Haji (HAH) Sukolilo Surabaya, Jawa Timur, yang kotor dan tak terawatt. 

    Merespons itu, pihak pengelola Asrama Haji Surabaya pun menyayangkan itu dan Pemerintah Kota Surabaya akhirnya meminta maaf. 

    Dalam cuitan yang diunggah akun tersebut pada Senin, 31 Januari 2022, pemilik akun bercerita tentang kondisi dirinya yang terpapar COVID-19. 

    Awalnya dia melakukan isolasi mandiri, namun setelah memeriksakan diri ke Puskesmas setempat diminta petugas Satgas COVID-19 agar dikarantina di HAH. 

    Sempat tarik ulur karena tidak mau, singkat cerita si pasien COVID-19 itu terpaksa menurut dikarantina di HAH dan diantar oleh ayahnya. Begitu di sana, dia kemudian menemukan kondisi ruang karantina kotor dan bau tak sedap. 

    "Sedih bgt dipaksa karantina di fasilitas yg ga jelas, ga higienis dan alur tidak clear," tulis akun @swimmin_dory. 

    Dia juga mengunggah foto yang menggambarkan kondisi kamar tempatnya dikarantina. "Sampe kamar lebih shock lagi. Isinya kyk gini. Kulkas ada tp mati kloset ada noda coklat2 jijik dan bauuuuu bgt," tulis dia. 

    Dikonfirmasi wartawan soal itu, Kepala UPT Asrama Haji Surabaya Sugianto menjelaskan bahwa HAH adalah aset Kementerian Agama, bagian dari Asrama Haji Surabaya. sejak dua tahun terakhir HAH dipinjam pakai oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk digunakan tempat karantina pasien COVID-19. 

    Saat awal pembicaraan, Sugianto menawarkan dua opsi ke Pemkot Surabaya. Pertama, yakni dengan akad sewa dengan perjanjian biaya perawatan ditanggung UPT Asrama Haji Surabaya. 

    Kedua, yakni akad pinjam pakai dengan risiko biaya perawatan ditanggung pihak Pemkot Surabaya selaku peminjam. Pemkot menyetujui opsi kedua. Setelah Sugianto mengetahui kondisi HAH yang tak terawatt dari video yang beredar, dia menyayangkan itu. 

    Dalam pantauannya, terdapat kerusakan kategori sedang, ringan dan berat sejak dipakai karantina. 

    "Tapi yang saya perhatikan dari sisi pemeliharaan, sudah dilakukan, tapi tidak maksimal," kata dia dikonfirmasi wartawan dikutip Rabu, 2 Februari 2022, dilansir LKC dari viva.co.id 

    Pihak Pemkot Surabaya melalui Sekretaris BPB Linmas sekaligus Wakil Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Surabaya, Ridwan Mubarun, menyampaikan permintaan maaf atas kejadian itu. Keluhan warga yang viral di media sosial itu akan dijadikan pihaknya sebagai bahan evaluasi. 

    "Kami mohon maaf, kami akan evaluasi lagi, ini evaluasi buat kami supaya kami bisa memperbaiki," kata Ridwan kepada wartawan. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 2 Februari 2022 - 11:00 WIB
    Judul Artikel : Viral Tempat Karantina COVID-19 di Asrama Haji Surabaya Tak Terawat
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1445668-viral-tempat-karantina-covid-19-di-asrama-haji-surabaya-tak-terawat?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral Tempat Karantina COVID-19 di Asrama Haji Surabaya Tak Terawat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar