Jokowi Yakin, Reformasi Birokrasi yang Konsisten Mampu Beri Layanan Terbaik

Daftar Isi

    Foto: Presiden RI Jokowi.

     

    Lancang Kuning, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ia yakin dengan reformasi birokrasi yang konsisten maka Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di seluruh penjuru tanah air.

    Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) ke-9 Korps Pegawai Republik Indonesia dari Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat (28/1/2022).

    "Talenta yang unggul perlu diasah dengan baik, dengan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas berstandar dunia, sehingga terbentuk ASN yang berintegritas, profesional, inovatif, dan kreatif," ungkap Jokowi.

    Selain itu, Jokowi juga menyampaikan, Korpri harus terus menjadi simpul penting persatuan dan kesatuan bangsa. "Kita harus sadar bahwa negara kita adalah negara yang majemuk, terdiri dari beragam suku, agama, dan budaya. Anggota Korpri juga beragam dari seluruh penjuru tanah air. Karena itu, Korpri harus menjadi kekuatan yang mempersatukan bangsa untuk membangun tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang harmonis," ujarnya. 

    Korpri, sambung Jokowi, harus mampu mengajak dan mendorong seluruh ASN memiliki orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. 

    "ASN Harus memiliki jiwa melayani masyarakat, bukan justru minta dilayani oleh masyarakat. Hal ini terlihat klise tapi sangat penting dan mendasar, karena sudah sangat lama ASN berada pada zona nyaman, terbelenggu oleh warisan budaya birokrasi feodal sehingga menjadikan ASN kurang produktif," sebut Jokowi.

    Oleh sebab itu, kata Jokowi, budaya ini harus diubah total, ASN Indonesia harus keluar dari zona nyaman menjadi modern dan profesional.

    "ASN Indonesia saat ini harus bisa menjadi aparatur sipil negara yang bisa melayani masyarakat dengan baik dan menjadi ASN yang produktif," ujar Jokowi. (LK/MCR)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi Yakin, Reformasi Birokrasi yang Konsisten Mampu Beri Layanan Terbaik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar