Realisasi Penyaluran Dana Desa di Meranti dan Rohul Capai 100 Persen

Daftar Isi

    Foto: ilustrasi

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kabupaten Kepulauan Meranti dan Rokan Hulu (Rohul) menjadi kabupaten di Riau yang mampu menyerap dana secara maksimal. Bahkan berdasarkan data dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Riau‎ realisasi dana desa di Kabupaten Meranti dan Rohul mencapai 100 persen. 

    Pencapaian ini sekaligus menenpatkan Kabupaten Meranti dan Rohul diposisi paling atas dalam merealisasikan dana desa pada tahun 2021. Sedangkan untuk Kabupaten yang realisasi dana desanya paling rendah adalah Kabupaten Kampar, yakni 99,38 persen. 

    "Secara keseluruhan realisasi dana desa di Provinsi Riau mencapai Rp1,477 Triliun atau 99,51% dari pagu sebesar Rp1,484 Triliun," kata ‎Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Riau, Ismed Saputra, Senin (17/1/2022).

    Ismed mengungkapkan, di sejumlah desa memang realisasi dana desanya ada yang tidak maksimal. Rendanya realisasi dana desa di beberapa wilayah tersebut disebab oleh beberapa hal. Diantaranya adalah adanya kepala desa yang bermasalah dengan hukum.

    "Ada beberapa desa yang tidak disalurkan karena masalah hukum, ada beberapa desa di pelalawan dan inhu," ujarnya, dikutip dari media center riau

    Selain itu, penyebab lain yang menjadi penghambat tidak maksimalnya penyerapan dana desa juga disebabkan karena adanya pemilihan kepala desa serentak di sejumlah kabupaten di Riau. Yakni di Kampar dan Pelalawan.

    "Pergantian kepala desa juga menjadi penghambat penyaluran dana desa dan berdampak terhadap kegiatan yang ada," katanya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Realisasi Penyaluran Dana Desa di Meranti dan Rohul Capai 100 Persen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar