TP PKK Siak Konsentrasi ke Penurunan Stunting dan Covid-19

Daftar Isi

    Keterangan foto: Bupati Siak H Alfedri melantik pengurus TP PKK Siak periode 2021-2026. (Gs)

    SIAK, Lancangkuning.com  - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Siak, akan berkonsentrasi pada penurunan dan penanganan Covid-19, sebagai program kerja di periode 2021-2026.

    "Alhamdulillah, hari ini dilakukan pelantikan pengurus TP PKK Siak sekaligus pelantikan Dekranasda Siak. Dalam Rakernas IX kemarin, kegiatan atau program kerja pertama harus berhubungan dengan Stunting, kemudian kegiatan kita terkait dengan Covid-19," kata ketua TP PKK Siak Rasidah Alfedri, usai digantikan menjadi ketua TP PKK Siak, di ruang Indra Pahlawan Room kantor Bupati Siak, Selasa (14/12/21).

    Rasidah mengatakan, pada kepengurusan TP PKK Kabupaten Siak terdiri dari 4 kelompok kerja (pokja), Pokja ini akan akan dikonsentrasikan berhubungan dengan stunting.

    Adapun 4 pokja itu membidangi, Pokja 1 tentang penghayatan, pengamalan pancasila dan gotong royong, pokja 2 tentang pendidikan keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi, pokja 3 tentang pangan, sandang dan tata laksana rumah tangga, dan Pokja 4 tentang perencanaan sehat dan kesehatan.

    Dari hasil pengumpulan data E-PPGBM, atau pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat pada bulan penimbangan Februari Tahun 2020 yang lalu, dari jumlah keseluruhan 33.155 balita yang tersebar di 131 kelurahan dan kampung se Kabupaten Siak, didapati sebanyak 945 balita tergolong sangat pendek dan 2.284 balita tergolong pendek. Sehingga jumlah seluruhnya balita yang masuk dalam kategori sangat pendek dan pendek berjumlah 3.229 balita.

    “Dari jumlah tersebut, angka balita stunting tertinggi berada di Kecamatan Kandis dengan jumlah 721 balita, diikuti Kecamatan Siak dengan 318 balita, Koto Gasib 316 balita, Lubuk Dalam 299 balita, Sungai Apit 293 balita, Tualang 269 balita, Sungai Mandau 209 balita, Sabak Auh 202 balita, Mempura 174 balita, Pusako 168 balita, Kerinci Kanan 100 balita, Bungaraya 62 balita, Minas 49 balita, dan Dayun 49 balita”, jelasnya.

    Untuk menekan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Siak telah melaksanakan berbagai upaya diantaranya melalui Program Kegiatan atau Sub Kegiatan pada OPD maupun Pemerintah Kampung/Kelurahan diprioritaskan pada lokasi fokus stunting Tahun 2021 dan 2022, sesuai dengan Keputusan Bupati Siak Nomor 287/HK/KPTS/2021.

     

    Program Kerja Dekranasda Siak

    Sebelum pelantikan pengurus TP PKK Siak, pengurus Dekranasda Siak juga dilantik, Rasidah Alfedri juga dipercaya menjadi ketua Dekranasda Siak 2021-2026. Dekranasda Siak memiliki program kerja tentang pembinaan UMKM, membatik dan program sosial ke masyarakat.

    "Awal mula Covid-19 kemarin, sewaktu masker langka di tengah masyarakat,  kita sudah memproduksi masker dan kita berikan ke masyarakat," terang Rasidah.  

    Selain itu, Dekranasda Siak juga melaksanakan kegiatan dekranasda jumat berbagi, dimana kegiatan itu kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada para UMKM dan masyarakat yang terdampak Covid-19. 

    "Sebelum acara pelantikan ini juga, kita melakukan pelatihan membatik dan menenun, yang kita adakan di gedung Dharma Wanita, narasumber kita datangkan dari Yogyakarta. Untuk peserta, yakni dari beberapa kecamatan, pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan, makanya peserta merupakan peserta yang sudah pernah membatik yang kita libatkan," terangnya.

    Kepada pengurus TP PKK Siak maupun Dekranasda Siak yang baru dilantik, Rasidah berharap bisa menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik mungkin.

    "Sebagaimana yang disampaikan pembina tadi yakni pak bupati, pengurus TP PKK Siak maupun Dekranasda Siak bisa menjalankan tugas dan fungsi yang telah diberikan, jalankan tugas mulia ini sebaik mungkin," harap Rasidah. 

    Sementara itu, Bupati Siak H Alfedri berharap, pengurus TP PKK Siak yang baru dilantik bisa semakin solid dan bisa bekerjasama dalam menjalankan program kerja yang telah dicanangkan.

    "TP PKK Kabupaten Siak diberikan amanah oleh masyarakat Siak, karena saya bersama pak Husni Merza dipilih oleh masyarakat, kemudian TP PKK kecamatan saya berikan amanah. Untuk itu, jalankan amanah ini dengan baik, kerja dengan ikhlas semoga hal-hal yang ibu-ibu lakukan menjadi amal jariyah bagi ibu-ibu semua," kata Alfedri. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel TP PKK Siak Konsentrasi ke Penurunan Stunting dan Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar