Tanam Bibit Pohon di Inhu, Gubri Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

Daftar Isi

    Foto: Dok. humas. (MCR) 


    Lancang Kuning, INHU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar melakukan penanaman bibit pohon di komplek makam Narasinga Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Senin (13/12/21).

    Gubri menyebutkan, pelestarian lingkungan ini merupakan bagian dari program pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten kota se Riau. Ditambah lagi dengan upaya Presiden RI yang sudah menerapkan ekonomi hijau dan Provinsi Riau menerapkan program Riau Hijau.

    Untuk itu, ia mengajak semua pihak di Provinsi Riau untuk berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

    "Kita sudah melakukan penanaman pohon. Kami mengimbau agar lingkungan dilestarikan dan ekonomi masyarakat bisa bangkit. Jadi artinya apa yang kita buat ini untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya, dikutip dari mediacenterriau

    Syamsuar menjelaskan, perubahan iklim ini menjadi perhatian global.  Negara Indonesia sekarang juga berbicara bagaimana lingkungan hidup ekonomi hijau. Untuk itu, kalau ini tidak menjadi perhatian bagi Pemprov Riau, maka akan berdampak bagi sektor ekonomi di Riau.

    Ia menuturkan, ini harus menjadi perhatian banyak pihak di Riau. Bukan hanya tugas pemerintah saja, akan tetapi membutuhkan dukungan semua pihak. Menurutnya, kalau pemerintah tidak dibantu oleh rakyat, tentu saja pemerintah tidak bisa berbuat banyak.

    "Untuk itu, hal ini (pelestarian lingkungan) juga harus menjadi perhatian banyak pihak di Provinsi Riau," terangnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, Ma'mun Murod menambahkan, selain kegiatan menanam pohon di sekitar makam raja, juga dilakukan penanaman pohon disekitar Danau Menduyan Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat.

    "Gubernur Riau beserta jajaran sudah melakukan kegiatan penanaman pohon di makam raja-raja dan sesungguhnya kegiatan ini kami sudah mengirimkan bibit sirsak sebanyak 600 batang," sebutnya.

    Kadis LHK Riau ini menjelaskan, pada hari ini juga dilakukan penanaman dan penyerahan seribu bibit pohon di Pondok Pesantren Tebu Ireng di sekitar Belilas Kabupaten Inhu.

    Selain itu juga diserahkan bibit sebanyak sembilan ribu pohon untuk tiga desa. Yaitu masing-masing desa mendapatkan tiga ribu pohon. Adapun tiga desa tersebut, yakni Desa Kota Lama, Desa Danau Baru dan Desa Alang Kepayang.

    Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan tutupan hutan atau kelestarian lingkungan di Riau. Ini juga diharapkan bisa meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup di Provinsi Riau

    "Dan tentu ini merupakan amanah dalam rangka menjalankan misi kedua yaitu terwujudnya pembangunan infrastruktur yang merata, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan di Provinsi Riau. Penanaman pada hari ini juga merupakan upaya dalam rangka mewujudkan Riau hijau," ujarnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tanam Bibit Pohon di Inhu, Gubri Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar