Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkot Pariaman Latih Guru PAUD

Daftar Isi

    Lancangkuning.com, Kota Pariaman---Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAUD se-Kota Pariaman yang bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Senin (10/12/2018) pagi.

    Workshop dengan tema "Pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan melalui bidang seni" ini dibuka langsung oleh Wawako Pariaman Mardison Mahyudin yang diikuti oleh seluruh guru PAUD se-Kota Pariaman.

    Mardison Mahyudin, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemko Pariaman bersama-sama masyarakat dan pihak-pihak yang peduli dengan masa depan anak, konsisten dalam meningkatkan pelayanan kesejahteraan dan perlindungan dalam rangka pemenuhan hak-hak anak di Kota Pariaman.

    "Dalam kurun waktu hampir 11 tahun terakhir ini, telah banyak upaya yang kita lakukan untuk memberikan pelayanan kesejahteraan dan perlindungan anak, antara lain kebijakan Pengembangan Pariaman Sebagai Kota Layak Anak untuk mendorong seluruh stakeholder agar mengintegrasikan program kegiatan dengan upaya-upaya pemenuhan hak-hak anak", terangnya.

    Ia juga menambahkan bahwa Anak Usia Dini terutama usia 0 – 6 tahun, perlu kita perhatikan. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan persiapan anak kepada pendidikan lebih lanjut, karena menurut hasil penelitian, perkembangan otak manusia cukup banyak daya serapnya pada usia dini, terutama 1.000 hari sejak kelahirannya.

    Ia berharap dari kegiatan workshop ini hasilnya dapat diterapkan nantinya oleh para Pendidik PAUD di lembaga PAUD masing-masing, sehingga  semakin kreatif dan dapat mengajar anak-anak dengan cara yang menyenangkan", tutupnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi mengatakan bahwa anak sebagai penerus dan pengelola bangsa serta masa depan, maka perlu dipersiapkan sejak dini melalui berbagai pemenuhan hak-haknya.

    "Sebagaimana diamanatkan Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak bahwa penjaminan pemenuhan hak-hak anak menjadi tanggung jawab orang tua, keluarga dan masyarakat", terangnya.

    Ia juga menambahkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemberian layanan pendidikan bagi anak usia dini untuk saat ini terbilang masih relatif rendah.

    Dari data yang ada jumlah layanan pendidikan usia dini di Kota Pariaman saat ini tercatat sebanyak 103 satuan pendidikan (TK/KB/SPS), namun jumlahnya tidak merata bahkan ada satu desa yang memiliki lima lembaga PAUD dan ada juga desa lain yang tidak memilikinya sama sekali", lanjutnya.

    Ia berharap agar para pengajar atau pendidik PAUD yang hadir dapat mengikuti kegiatan workshop ini dengan sebaik-baiknya dan menyimak paparan dari narasumber Sinung Widodo yang sengaja kita undang jauh-jauh dari Jakarta. (mc/dos)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkot Pariaman Latih Guru PAUD
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar