Gasak China 3-0, Indonesia Juara Piala Thomas ke-14 Kalinya

Daftar Isi

    Foto: Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Piala Thomas 2020. (Instagram: badminton.ina)

     

    Lancang Kuning – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil membawa Indonesia juara Piala Thomas 2020 usai menaklukkan China dengan skor 3-0. Dia menaklukkan wakil China, Li Shi Feng, lewat duel rubber game 21-14, 18-21, dan 21-14 dalam tempo 82 menit.

    Tampil di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu 17 Oktober 2021, Jonatan memulai duel ini dengan mudah dan mendominasi jalannya pertarungan. Dia unggul 6-0 dengan cepat atas Li Shi Feng.

    Peraih medali emas Asian Games 2018 itu melanjutkan dominasinya dengan mencatatkan lima angka beruntun dan unggul 13-6. Namun, perlahan wakil China itu berhasil menipiskan jarak.


    Li Shi Feng juga mencatatkan lima poin beruntun dan memangkas selisih jadi 11-13. Keunggulan Jonatan menjadi semakin kritis saat wakil Negeri Tirai Bambu itu mencapai poin 14-15.

    Beruntung, setelahnya Jonatan berhasil mendulang enam poin beruntun dan menyudahi gim pertama dengan 21-14.

    Kondisi berubah menjadi sulit bagi Jonatan di awal gim kedua. Li Shi Feng mampu berbalik mendominasi 5-1 di awal gim kedua.

    Bahkan, wakil China itu dengan mudah unggul 11-2. Li Shi Feng berada di atas angin hingga interval gim kedua.

    Jonatan masih memberikan perlawanan untuk mengejar selisih poin di gim ini. Dan perjuangannya hampir terwujud ketika dirinya mencapai poin 18-19.

    Sayang, tunggal putra ranking 65 dunia itu mampu membukukan dua poin beruntun dan menyudahi gim kedua dengan kemenangan 21-18.


    Performa Jonatan kembali meningkat di gim ketiga. Dia mampu mengimbangi kecepatan dan kelincahan dari Li Shi Feng.

    Perolehan poin keduanya sangat ketat hingga interval gim ketiga 11-9 untuk keunggulan tunggal putra China.

    Titik balik didapatkan Jonatan usai jeda. Dia menorehkan empat angka beruntun dan membalikkan keadaan 13-11.

    Jonatan semakin menunjukkan tajinya dan membuat jagoan China kelimpungan membalas pukulan-pukulannya. Tujuh angka beruntun dibuatnya dan unggul 20-13.

    Jonatan akhirnya menyudahi perlawanan Li Shi Feng dengan skor 21-14. Indonesia pun menyudahi perlawanan China dengan skor 3-0.

    Kemenangan Jonatan membuat Indonesia berhasil menjadi juara Piala Thomas untuk ke-14 kalinya sepanjang sejarah sekaligus menyudahi puasa gelar Piala Thomas selama 19 tahun. (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Gasak China 3-0, Indonesia Juara Piala Thomas ke-14 Kalinya

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gasak China 3-0, Indonesia Juara Piala Thomas ke-14 Kalinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar