Komisi III DPRD Riau Kejar Potensi Pajak Mobil yang Hilang 

Daftar Isi

    Anggota Komisi III DPRD Riau Sugeng Pranoto

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-DPRD Riau akan mengejar potensi pajak mobil, dari transaksi jual beli mobil yang hilang. Selama ini, masyarakat Riau banyak yang membeli mobil dari luar provinsi. Sedangkan, untuk membeli mobil di Riau harus terlebih dahulu inden. Ini artinya, ada sekian persen potensi pajak untuk pendapatan asli daerah yang hilang.

    Dikatakan Anggota Komisi III DPRD Riau, Sugeng Pranoto Komisi III berupaya mengejar potensi pajak tersebut, dan meminta agar stakeholder terkait memfasilitasi segala kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis otomotif di Riau.

    "Kita tidak ingin yang 10 persen ini lepas ke luar. Sementara Riau hanya dapat pajak tahunannya sebesar 1 persen. Jangan karena inden di Riau lama, potensi pajak yang besar justru hilang," ujarnya.

    Banyaknya transaksi pembelian mobil di luar Provinsi Riau ini, disebutkan Sugeng berdasarkan data dari Ditlantas Polda Riau.

    "Informasi yang kita dapatkan dari Ditlantas Polda Riau, masyarakat Riau banyak yang inden ketika beli mobil disini. Sehingga mereka beli mobil keluar Riau. Padahal potensi pajaknya besar setiap pembelian unit kenderaan dapat 10 persen dari harga jual. Kalau mobilnya pada kisaran Rp500 juta maka kita dapat pajak Rp50 juta satu unit dan itu lepasnya ke luar. Setiap tahun ratusan mobil yang tidak dibeli dari Riau," ujar Sugeng.

    Berangkat dari kondisi ini, Sugeng mengatakan dalam waktu dekat Komisi III DPRD Riau akan memanggil pelaku otomotif untuk mendengarkan apa keluhan yang mereka hadapi dalam transaksi kendaraan roda empat ini. Termasuk, mengapa terjadi inden berkepanjangan sampai berbulan-bulan yang menyebabkan masyarakat lebih memilih membeli mobil dari provinsi tetangga.

    "Ini yang kita tanyakan, dimana kendalanya. Kenapa diluar bisa cepat tersedia. Sementara di Riau harus menunggu bahkan sampai enam bulan," ujarnya lagi.(ADV)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komisi III DPRD Riau Kejar Potensi Pajak Mobil yang Hilang 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar