Jokowi: Papua Youth Creative Hub Pondasi Masa Depan Indonesia

Daftar Isi

    Foto: Presiden Jokowi Dalam Kunjungan Kerjanya ke Papua. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

     

    Lancang Kuning – Presiden Joko Widodo telah resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021. Infrastruktur ini ditujukan untuk mengembangkan SDM Papua.

    Saat mengawali prosesi tersebut, Presiden yang biasa dipanggil Jokowi itu mengatakan, Youth Creative Hub akan menjadi pondasi masa depan masyarakat muda Papua untuk maju dan berkembang, termasuk membangun perusahaan rintisan.

    "Saya harap bisa jadi pondasi bagi masa depan Papua dan Indonesia di masa mendatang. Serta dalam membangun perusahaan-perusahaan startup dari tanah Papua yang hebat ini," ungkapnya.

    Kepala Negara mengatakan, Papua Creative Hub dibangun dengan dua lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk lobby coffee shop, papua plant, co-working space perpustakaan gallery, minimarket, UMKM store, ruang training hingga ruang ibadah.

    Sementara itu, untuk lantai dua akan diperuntukan bagi convention hall, kantor sekertariat, ruang seni, musik dan hiburan ruang bahasa, recording dan programming, ruang kewirausahaan serta ruang konseling kesehatan.

    Kemudian, di komplek Papua Creative Hub ini juga akan dibangun gedung asrama untuk pria dan wantia, lapangan olah raga multifungsi baik indoor dan outdoor serta taman. Semuanya akan dikelola oleh putra-putri Papua secara umum.

    "Fasilitasnya ada co-working space, ruang teknologi, pembelajaran teknologi digital, ruang konser, inovasi produk, asrama dan fasilitas olahraga. Saya kira ini sudah sangat integrated," tegas Jokowi.

    Presiden menargetkan, proyek ini akan bisa selesai akhir 2022. Dia juga berharap proses penyelesaian infrastruktur ini harus diiringi dengan selesainya persiapan kelembagaan pengelola tempat ini dan bisa langsung mendorong pengembangan SDM Papua.

    "Saya kira inilah masa depan kita semua, masa depan Indonesia, masa depan Tanah Papua ada di Papua Youth Creative Hub yang kita harap akhir 2022 sudah selesai langsung kelembagaannya siap," tutur politisi parta PDI Perjuangan ini, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Papua Youth Creative Hub berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jayapura dengan total luas lahan 15.000 m2. Kebutuhan ruang bangunan Papua Youth Creative Hub seluas 7.288 m2 dengan dilengkapi bangunan utama seluas 2.870 m2, bangunan dormitory atau ruang asrama seluas 1.860 m2, fasilitas olahraga 1.230 m2, dan fasilitas umum seluas 1.328 m2.

    Berdasarkan data LPSE Kementerian PUPR nilai pagu paket Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub Papua Muda Inspiratif mencapai Rp105,63 miliar dengan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) paket sebesar Rp105,63 miliar. (LK)

     

    Artikel ini sudah ditayangkan Viva.co.id dengan judul berita Jokowi: Papua Youth Creative Hub Pondasi Masa Depan Indonesia

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi: Papua Youth Creative Hub Pondasi Masa Depan Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar