Gubri Harap Bantuan UMKM Dimanfaatkan Dengan Sebaiknya

Daftar Isi

     

    Foto: Gubernur Riau 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap bantuan modal usaha dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya sehingga bisa memperbaiki kesejahteraan masyarakat Riau khusunya pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19.

    Hal tersebut disampaikan Gubri dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan UMKM Pemprov Riau di Ballroom Dang Merdu Bank Riau Kepri, Selasa (31/8/21). 

    Diketahui, sebanyak 20.833 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau tahun 2021 dengan anggaran sebanyak Rp24.999.600.000, yang mana masing-masing pelaku usaha akan mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp1,2 juta. 

    "Kami mengharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya sehingga dapat memperbaiki kesejahteraan masyarakat Riau," pinta Gubri. 

    Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Asia Development Bank (ADB) tahun 2020, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan 50 persen UMKM di Indonesia menutup usahanya. 

    Selain itu, sebanyak 88 persen usaha mikro mengalami penurunan modal, tidak memiliki kas atau tabungan, hingga kehabisan pembiayaan keuangan. 

    "Sekitar 60 persen usaha mikro mengurangi tenaga kerja khusunya sektor bisnis manufaktur," ujarnya, dikutip dari mediacenterriau

    Dengan bantuan Pemprov Riau tersebut, Syamsuar mengharapkan agar bupati/wali kota dapat memonitor bantuan-bantuan pemerintah dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masing-masing kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubri Harap Bantuan UMKM Dimanfaatkan Dengan Sebaiknya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar