Kenali Gejala COVID-19 Pada Orang yang Sudah Divaksin dan Tidak

Daftar Isi



    Foto: Flu. (Times of India)
     

    Lancang Kuning – Mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19 adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari penyakit menular. Tetapi pada saat yang sama, kita tahu bahwa vaksin tidak memberikan perlindungan lengkap dari virus menular. Anda masih bisa sama-sama berisiko terinfeksi olehnya.

    Hanya gejalanya yang mungkin tidak serumit itu. Laporan menunjukkan bahwa beberapa orang, bahkan setelah divaksinasi lengkap, terinfeksi virus corona. Dalam kebanyakan kasus, itu melalui strain varian dan bukan yang asli. Namun, mereka yang terinfeksi setelah vaksinasi menunjukkan gejala yang sedikit berbeda dari yang terlihat pada awal pandemi.

    Bagaimana gejalanya berbeda?

    Sesuai penelitian baru, yang masih berlangsung di Inggris, orang yang divaksinasi lengkap menunjukkan beberapa gejala yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang belum menerima satu dosis pun.

    Dalam Studi Gejala Zoe Covid, orang yang terinfeksi berpartisipasi dari seluruh negeri dan melaporkan gejala mereka melalui aplikasi. Telah terjadi pergeseran gejala virus yang disaksikan di antara orang-orang yang divaksinasi yang diyakini karena varian delta.

    Dalam penelitian tersebut, orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi yang terinfeksi virus berpartisipasi. Pada akhirnya, diamati bahwa orang yang divaksinasi memiliki gejala yang lebih sedikit dan lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh sakit parah.

    Berikut peringkat gejala COVID-19 yang muncul pada orang yang sudah mendapat vaksinasi lengkap, dikutip dari Times of India:

    Sakit kepala

    Sakit kepala adalah gejala awal dari COVID-19. Kita semua mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu karena alasan yang berbeda. Hal inilah yang membuat sulit membedakan sakit kepala umum dengan sakit kepala lainnya yang terkait dengan COVID-19.

    Satu-satunya perbedaan adalah sakit kepala yang disebabkan oleh COVID-19 bersifat persisten dan bertahan selama beberapa waktu.

    Pilek

    Hidung meler adalah gejala umum pilek, tetapi juga ditandai sebagai gejala awal COVID-19. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pilek adalah gejala khas infeksi pada kasus varian Delta. Itu telah disaksikan pada orang-orang dari semua kelompok umur.

    Flu

    Hidung meler juga bisa disertai dengan bersin terus-menerus. Dalam beberapa kasus, bersin juga bisa disebabkan oleh alergi musiman, umumnya dilaporkan di musim ini. Lebih baik untuk diuji jika Anda menderita masalah dengan alergen.

    Sakit tenggorokan

    Sakit tenggorokan dalam kasus coronavirus ditandai dengan rasa sakit atau perasaan kering, kesulitan berbicara dan menelan, kelenjar sakit dan kemerahan. Seseorang mungkin juga mengalami kesulitan batuk dalam kasus COVID-19.

    Kehilangan indra penciuman

    Kehilangan indra penciuman adalah gejala khas COVID-19. Ini terjadi karena virus memengaruhi sel-sel pendukung di antaranya, sel-sel sustentacular. Sel-sel ini memiliki reseptor ACE yang memberi virus akses ke sel-sel penciuman dan Anda tidak dapat mencium bau apa pun.

    Orang yang divaksinasi lengkap lebih mungkin mengalami gejala ini setelah bersentuhan dengan virus. Sementara indra penciuman kembali normal pasca infeksi, pada sekitar 10 persen kasus, mungkin diperlukan waktu sekitar 6 bulan untuk pulih sepenuhnya.

    Gejala pada orang yang tidak divaksinasi

    Pada orang yang tidak divaksinasi, gejalanya sedikit berbeda dari mereka yang divaksinasi lengkap. Sementara beberapa tetap sama disaksikan pada awal pandemi.

    - Sakit kepala

    - Sakit tenggorokan

    - Pilek

    - Demam

    - Batuk terus menerus

    Ini adalah lima yang utama yang muncul di awal. Kehilangan penciuman datang di hari kesembilan dan sesak napas turun ke tempat ke-30.Ini memang tanda-tanda awal yang dilaporkan dalam mayoritas sering.

    Tetapi Anda mungkin mengalami serangkaian gejala yang sama sekali berbeda. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah menguji diri Anda sendiri. Jaga jarak dari orang lain sampai Anda tidak dinyatakan negatif.

    Selain itu, untuk menghindari terinfeksi, pakailah masker setiap kali Anda berada di luar ruangan. Rajin cuci tangan dan jaga kebersihan. Tetap waspada dan berhati-hati bukanlah pilihan tetapi merupakan satu-satunya cara untuk memutus rantai dan mengurangi risiko infeksi. (LK) 

     

    Artikel ini sudah ditayangkan Viva.co.id dengan judul berita Kenali Gejala COVID-19 Pada Orang yang Sudah Divaksin dan Tidak

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kenali Gejala COVID-19 Pada Orang yang Sudah Divaksin dan Tidak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar