Harga Bahan Olahan Karet Rakyat di Riau Stabil

Daftar Isi

    Foto: Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja


    Lancang Kuning, PEKANBARU - Harga bahan olahan karet rakyat (Bokar) untuk kualitas kadar karet kering (KKK) 100 persen ditingkat pabrik (Gapkindo), minggu ini sebesar Rp21.600 per kg atau stabil.

    "Harga bokar KKK 100 persen di tingkat pabrik tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga. Karena harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu Rp21.600 per kg," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Senin (26/7/2021).

    Sementara itu, harga Bokar baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di kabupaten/kota Provinsi Riau yang menjadi sumber data pada minggu ketiga bulan Juli 2021 yaitu untuk harga bokar ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp11.150 per kg, atau tidak mengalami kenaikan karena harga minggu lalu masih sama dengan harga minggu ini.

    Kemudian, tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp11.246 per kg mengalami penurunan harga sebesar Rp1.204 per kg dari minggu kemaren , di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp11.100 perkg mengalami kenaikan harga sebesar Rp300 perkg dari harga minggu kemaren.

    Sedangkan untuk tingkat UPPB di Kabupaten Kuansing  harga bokar sebesar Rp12.358 per kg mengalami kenaikan harga dari minggu lalu sebesar Rp366 per kg, ditingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp10.700 per kg atau tidak mengalami kenaikan harga karena harga minggu ini sama dengan  harga minggu lalu.

    "Kita Dinas Perkebunan Provinsi Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB, sehingga mutu hasil karet rakyat  menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," imbau Defris.

    Sementara itu, harga untuk produk komoditi perkebunan lainnya di Riau, seperti kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini sebesar Rp4.167 per kg mengalami kenaikan harga sebesar Rp167 per kg dari harga minggu lalu.

    Harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp6.850 per kg tidak mengalami kenaikan karena harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu.

    Tepung sagu basah sebesar Rp3.067 per kg di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tidak mengalami kenaikan karena harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu dan pinang kering di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti? sebesar Rp17.010 per kg mengalami kenaikan dari minggu lalu sebesar Rp860 per kg. 

    (Mediacenter Riau/rat/LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Harga Bahan Olahan Karet Rakyat di Riau Stabil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar