Rakyat Menjerit, Mahasiswa Inhil di Yogyakarta Gelar Aksi Tuntut Kenaikan Harga Kelapa

Daftar Isi

    Foto: Mahasiswa Inhil di Jogjakarta

    LancangKuning.Com, INHIL - Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir di Yogyakarta menggelar aksi menuntut pemerintah segera mencari langkah kongkrit terkait anjloknya beberapa harga komoditi yang menjadi andalan Kabupaten Inhil seperti kelapa, pinang, dan sawit.

    Aksi damai diikuti sekitar 50-an masa itu diinisiasi oleh Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta Komisariat Indragiri Hilir. Aksi digelar di di titik 0 kilometer Yogyakarta sejak pukul 15.00 hingga 17.00 Wib, Minggu (11/11/2018).

    Beberapa tuntutan pun disampaikan oleh masanya yang didominasi oleh mahasiswa itu. Diantaranya  menuntut pemerintah daerah membuat kebijakan untuk standarisasi harga kelapa, merealisasikan Sistem Resi Gudang (SRG) dan segera merealisasikan wacana pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Kelapa Inhil Sejahtera.

    “Kita menuntut pemerintah segera realisasikan SRG buat standarisasi harga kelapa dan segera mewujudkan wacana membentuk pendirian BUMD PT Kelapa Inhil Sejahtera,” ujar koordinator aksi, Najib, yang juga ketua umum Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta (IPRY) Komisariat Indragiri Hilir.

    Masa aksi juga meminta pemerintah mundur jika tidak mampu menyelesikan persoalan ekonomi yang tengah dihadapi oleh masyarakat Inhil. Anjloknya harga kelapa dan komoditi andalan laniinya berimbas terhadap kesemua sektor ekonomi.

    “Jika pemerintah tidak mampu dan tidak punya solusi silahkan mundur saja,” tegas Najib.
        
    Selain Najib, masa aksi yang lain, Darwis menyampaikan pihaknya akan terus menyuarakan tuntutannya hingga masyarakat inhil keluar dari masalah peliknya ekonomi akibat harga kelapa yang anjlok.

    “Kita akan kembali mengadakan aksi yang lebih besar dan mengkonsulidasikan hal ini kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa Inhil se Indonesia apabila tuntutan ini tidak segera di tanggapi,” ujar Darwis. (ard/Ikc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rakyat Menjerit, Mahasiswa Inhil di Yogyakarta Gelar Aksi Tuntut Kenaikan Harga Kelapa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar