Bupati-Wabup Siak Ziarah Makam Sultan, Husni ke Pusara Orang Tua

Daftar Isi

    Keterangan foto: Bupati-Wabup Siak H Alfedri dan H Husni Merza berziarah ke makam Sultan Syarif Kasim II.  (Gs)

    SIAK, Lancangkuning.com - Di hari pertama usai dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Siak oleh Gubernur Riau Syamsuar semalam, H Alfedri dan H Husni Merza melakukan ziarah ke makam para Sultan Siak, Selasa (22/6/21).

    Ziarah dimulai dari makam Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah atau Rajak Kecik yang beralamat di Kampung Buantan Besar, dan berakhir di makam Sultan terakhir Siak Sri Indrapura, Sultan Syarif Kasim II. 

    Kepala daerah hasil pilkada 2020 itu ditemani sejumlah pejabat di Kabupaten Siak, terlihat juga ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Siak H Sofwan Saleh, ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Wan Said,  dan sejumlah tokoh lainnya.

    Dalam ziarah tersebut, rombongan melantunkan doa untuk almarhum para Sultan Siak yang pernah bertahta di Kerajaan Siak Sri Indrapura waktu dulu.

    Bupati Siak mengatakan, sebelum melaksanakan ziarah ke makam-makam para Sultan di Kabupaten Siak, ia bersama Wakil Bupati Siak H Husni setelah dilantik kemarin langsung berziarah ke makam Sultan di Pekanbaru.

    "Hari ini kita mulai berziarah di makam Sultan pertama Abdul Jalil Rahmat Syah atau Sultan Raja Kecik, kemudian Sultan kedua yakni Sultan Abdul Jalil Muzafar Syah atau Tengku Buwang Asmara, sampai yang terakhir di makam Sultan Syarif Kasim II," kata Bupati Siak H Alfedri. 

    Alfedri mengatakan, tujuan melakukan ziarah ke makam para Sultan Siak ini adalah untuk mendoakan almarhum para Sultan mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT. "Diampuni semua dosa, dijadikan kuburnya sebagai taman-taman surga. Dan tentu kita berharap para Sultan ini ditempatkan di surga Jannatun Naim," harap Alfedri.

    Alfedri mengatakan, ziarah itu juga sebagai wujud menghargai para pendiri Siak, yang dulu pernah melawan para penjajah.

    Alfedri mengatakan, kegiatan ziarah itu juga sebagai bentuk rasa syukur mereka, karena masyarakat Siak pada 9 Desember 2020 lalu memberikan amanah kepada Alfedri-Husni untuk memimpin kembali Kabupaten Siak. 

    "Di hari pertama usai dilantik kemarin, selain melakukan ziarah di makam para Sultan Siak, nanti kami juga akan melaksanakan rapat bersama staf, dan camat se Kabupaten Siak untuk memantapkan komitmen visi misi yang kami buat pada periode ini. Kami juga akan menyusunkan program dan janji politik kami, agar bisa dimasukkan di dalam RPJMD 2021-2026," kata Alfedri.

    Sementara itu, Wakil Bupati Siak H Husni Merza mengaku, tadi malam ia sudah memimpin rapat bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membahas agenda jaringan kota pusaka.

    "Untuk pagi ini kegiatan saya, saya bersama adik saya sekitar pukul 06.30 WIB tadi melakukan ziarah ke makam orang tua saya di TPU Suak Santai. Kemudian bergabung dengan pak Bupati melakukan ziarah ke makam para Sultan Siak ini," jelas Husni.

    Husni mengatakan, semua Sultan Siak telah mereka kunjungi untuk berziarah, kecuali satu yang belum yakni Sultan Yahya Abdul Djalil Muzafar Syah. 

    "Semua makam sudah kita ziarah, kecuali satu makam Sultan yang belum, yakni Sultan yang makamnya di Dungun Terengganu Malaysia. Insya Allah kalau nanti situasi sudah memungkinkan saya dan pak bupati kemungkinan akan berziarah ke sana," jelas Husni. 

    Husni mengaku, sampai saat ini ia belum ada masuk ke kantor, karena setelah ziarah makam langsung memimpin rapat bersama bupati.

    "Nanti kalau sudah masuk kantor, sesuai dengan tradisi kita sebagai umat islam, kita akan berdoa dulu. Semoga kantor baru dan jabatan baru ini bisa membawa kebaikan diri saya dan umumnya untuk masyarakat Kabupaten Siak," kata Husni. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bupati-Wabup Siak Ziarah Makam Sultan, Husni ke Pusara Orang Tua
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar