Gaza Terus Dibombardir Israel, Korban Meninggal Bertambah 113 Orang, Termasuk 31 Anak-anak

Daftar Isi

    Foto: Kobaran api membumbung tinggi seusai jet tempur Israel merudal gedung Al-Walid di Kota Jalur Gaza pada Kamis (13/5/2021) pagi. 

    Lancang Kuning - Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dibombardir serangan udara dan darat Israel selama empat jam sejak Kamis 13 Mei 2021 malam hingga Jumat 4 Mei 2021 dini hari.

    Akibatnya, jumlah korban meninggal dunia meningkat menjadi 113 orang, termasuk setidaknya 31 anak-anak.

    Lebih dari 580 lainnya terluka.

    Pihak Israel mengklaim sebagian besar korban tewas adalah militan Hamas dan dua sayap militernya.

    Koresponden Al Jazeera Safwat al-Kahlout, melaporkan dari Gaza, mengatakan seorang wanita dan ketiga anaknya adalah korban tewas terbaru dalam serangan udara Israel.

    Dia mengatakan jasad keempat korban telah dievakuasi pihak berwenang, setelah sempat terhambat akibat  pemboman Israel.

    Kahlout juga mengatakan bahwa rumah sakit di Gaza mengimbau donor darah karena kekurangan setelah "gelombang besar" cedera.

    Serangan Israel memaksa banyak keluarga juga terus mengungsi dan mencari perlindungan di sekolah-sekolah PBB.

    Hamas diperkirakan sudah menembakkan sekitar 1.750 roket ke Israel sejak Senin malam.

    Hamas mengklaim menembakkan sedikitnya 250 roket ke Israel dalam beberapa jam terakhir sebagai balasan atas pemboman yang menewaskan sedikitnya 113 warga Palestina.

    Militer Israel  (Israel Defence Force/IDF) mengatakan, sekitar 1.750 roket dan mortir telah ditembakkan ke Israel oleh militer Hamas sejak pertempuran meletus pada Senin malam, termasuk 190 roket yang diluncurkan antara Kamis pukul 7 pagi hingga 7 malam.

    Sekitar 300 roket tersebut jutuh di wilayah Gaza yang dalam satu kasus menewaskan sejumlah anak ketika roket menghantam sebuah sekolah.

    Dalam perkembangan terbaru tiga roket ditembakkan dari Lebanon selatan menuju Israel pada Kamis.

    IDF mengatakan mengatakan roket itu mendarat di laut.

    Sumber militer dan keamanan Lebanon mengatakan roket diluncurkan dari dekat kamp pengungsi Palestina di Rashidiyeh.

    Sebuah sumber yang dekat dengan musuh bebuyutan Israel, Hizbullah, mengatakan kelompok Syiah Lebanon tidak memiliki hubungan dengan insiden tersebut.

    Tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Beberapa waktu yang lalu, tiga roket ditembakkan dari Lebanon ke Laut Mediterania di lepas pantai Galilea."

    "Menurut protokol tidak ada sirene yang dibunyikan".'

    Ini bukan kejadian pertama.

    Saat Perang Gaza 2014,  roket juga ditembakkan dari Lebanon selatan menuju Israel utara.

    Beberapa menit setelah IDF menggempur Gaza, PM Israel Netanyahu mengeluarkan pernyataan yang menjanjikan operasi itu akan berlanjut selama diperlukan untuk menghukum Hamas.

    “Saya mengatakan bahwa kami akan meminta harga yang sangat mahal dari Hamas dan organisasi teroris lainnya. Kami melakukannya dan kami akan terus melakukannya dengan kekuatan besar, ” katanya.

    “Kata terakhir belum diucapkan dan operasi ini akan berlanjut selama diperlukan untuk memulihkan ketenangan dan keamanan Negara Israel.''

    Hamas langsung meluncurkan serangan roket ke kota-kota Israel.

    Setidaknya satu roket langsung menghantam sebuah bangunan di kota Ashkelon, melukai parah seorang pria berusia 60 tahun, kata pihak berwenang Israel. Seorang lainnya mendarat di samping sebuah mobil, merusaknya.

    Beberapa proyektil yang masuk dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome dan beberapa mendarat di area terbuka, di mana tidak menyebabkan kerusakan atau cedera.

    Sebelumnya di malam hari, Hamas meluncurkan beberapa rentetan roket ke arah Israel selatan dan tengah, di Bandara Ben Gurion dan wilayah Shfela, serta Tel Aviv. Serangan lain menargetkan Ashdod dan Ashkelon, dengan satu roket mendarat di kota terakhir.

    Roket lain diarahkan ke kota selatan Beersheva, dengan setidaknya tiga proyektil menghantam gedung.

    Mayoritas roket dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome.

    Ledakan bom yang dijatuhkan Israel di Beit Lahiya, Gaza utara 14 Mei 2021 menerangi malam hari. (afp)
    Hamas mengatakan pihaknya menembakkan roket terkuatnya, Ayyash, menuju Ramon, 180km (110 mil) dari Gaza pada hari Kamis.

    Roket itu mendarat di daerah gurun, dan tidak ada sirene serangan udara yang terdengar.

    IDF membantah klaim Hamas - yang mengklaim menembakkan sekitar 100 roket ke Israel tengah dan selatan dalam serangan Kamis sore.

    IDF mengatakan Hamas hanya meluncurkan 25 hingga 30 roket dalam serangan itu.

    Hamas juga mengatakan telah meluncurkan sejumlah "drone bunuh diri", kendaraan udara tak berawak yang membawa muatan bahan peledak, ke Israel selatan dari Jalur Gaza.

    IDF mengonfirmasi telah menjatuhkan setidaknya dua drone Hamas.

    Situs berita Channel 12 melaporkan bahwa drone tersebut tampaknya memiliki kemampuan primitif dan tampaknya tidak mewakili bahaya yang serius.

    IDF juga menyerang unit cyber Hamas di Kota Gaza, Kamis malam.

    Empat gedung bertingkat tinggi juga dihancurkan oleh serangan udara Angkatan Udara Israel serta "apartemen operasional" kepala unit drone Hamas Samer Abu Daka.

    IDF mengatakan bahwa apartemen itu digunakan untuk keperluan militer dan telah menjadi sasaran selama Operasi Pelindung Tepi pada tahun 2014.

    Sekitar tujuh sel peluru kendali anti-tank berhasil dihancurkan oleh IDF pada hari Kamis saja.

    Sejak pertempuran dimulai, Angkatan Udara Israel juga telah menghancurkan beberapa drone Hamas, beberapa sarat dengan bahan peledak, yang diterbangkan ke Israel.

    Drone tersebut dijatuhkan oleh Angkatan Udara Israel (IAF) menggunakan jet tempur F-16, rudal Python-5 dan baterai rudal Iron Dome sebelum menyeberang ke Israel sementara yang lain meledak di udara.

    Beberapa drone telah diluncurkan oleh Hamas sejak pertempuran dimulai dan dalam satu video yang dirilis oleh militer pada hari Kamis, jet tempur F-16 terlihat menjatuhkan drone bunuh diri yang membawa sekitar 5 kg. muatan eksplosif.

    Netanyahu mengunjungi baterai sistem pertahanan rudal Iron Dome, yang menurut militer telah mencegat 90 persen dari 1.200 roket yang telah mencapai Israel dari Gaza.

    Israel mengumpulkan tentara dan tank tambahan di dekat Gaza pada hari Kamis dan Menteri Pertahanan Israel menyetujui mobilisasi 9.000 lebih tentara cadangan.

    Tetapi angkatan bersenjata mempertahankan serangan darat bukanlah fokus utama operasi terhadap pejuang Palestina.

    "Kami siap, dan terus mempersiapkan berbagai skenario," kata juru bicara militer Jonathan Conricus, menggambarkan serangan darat sebagai "satu skenario"

    Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk "peluncuran roket tanpa pandang bulu" dari daerah sipil di Gaza menuju pusat populasi Israel, tetapi dia juga mendesak Israel untuk menunjukkan "pengekangan maksimum".

    Tanpa Pasokan Air dan Listrik

    Israel juga memblokade Jalur Gaza yang mengakibatkan kawasan enclave yang dikuasai Hamas ini tanpa pasokan air  dan listrik.

    Persediaan bahan bakar untuk generator akan habis hari Minggu 16 Mei 2021.

    Menurut pejabat yang berbicara tanpa menyebut nama, Gaza hanya memiliki listrik lima jam per hari dari sebelumnya rata-rata 16 jam per hari sebelum pertempuran meletus.

    Kurangnya listrik sebagian disebabkan oleh penutupan Penyeberangan Kerem Shalom oleh Israel, di mana Gaza menerima sebagian besar bahan bakarnya.

    Menurut penghubung militer Israel dengan Palestina, roket Hamas juga merusak jaringan listrik, memutus listrik pada lebih dari 230.000 warga Gaza.

    "Roket Hamas merusak saluran listrik di pihak Israel [menuju ke Gaza]," jelas seorang pejabat keamanan lainnya, yang berbicara tanpa menyebut nama.

    Menurut pejabat itu, tiga dari empat turbin yang biasanya dijalankan di pembangkit listrik Hamas saat ini tidak berfungsi karena kekurangan bahan bakar.

    Perusahaan listrik Gaza menutup salah satunya segera setelah Israel menutup penyeberangan Kerem Shalom pada hari Senin, dalam upaya untuk menghemat bahan bakar.

    Pasokan air Gaza juga terpengaruh oleh pemadaman listrik, dimana penduduk bergiliran mendapatkan air. 

    Penghubung militer Israel dengan Palestina, yang dikenal dengan singkatan COGAT, menambahkan bahwa Hamas telah menonaktifkan pabrik desalinasi Kota Gaza, memutus pasokan air bagi sekitar 250.000 penduduk.

    Pejabat kesehatan telah memperingatkan bahwa kekurangan listrik dan air yang mengalir dapat berdampak parah pada sistem perawatan kesehatan Gaza yang rapuh, yang sudah berada di bawah tekanan, mengingat konflik.

    "Ini akan berdampak serius pada kesehatan masyarakat dan kesehatan masyarakat kita," kata juru bicara kementerian kesehatan Hamas Ashraf al-Qidra.(the jerusalem post/times of israel/aljazeera)

    Tribun-Medan.com dengan judul KONDISI TERKINI GAZA: Dibombardir Israel Korban Tewas 113 Orang, tanpa Listrik & Air Minum

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gaza Terus Dibombardir Israel, Korban Meninggal Bertambah 113 Orang, Termasuk 31 Anak-anak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar