Polres Inhil Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu Presiden dan DPR, Bupati Wardan ucapkan Terima Kasih

Daftar Isi



    Foto: Kapolres bersama Forkopimda Inhil

     

    LancangKuning.Com, INHIL - Polres Indragiri Hilir (Inhil) melakukan simulasi pengamanan dalam rangka Pemilu Presiden, Wakil Presiden dan Pemilihan DPR Pusat, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota di tahun 2019 (Legislatif).

    Simulasi ini diberi nama Sispamkota Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 yang ditaja oleh pihak Kepolisian Indragiri Hilir, sekaligus menggandeng Pemkab Inhil guna menyongsong pengamanan di tahun Pemilu 2019.

    Simulasi dihadiri, Bupati Inhil HM Wardan, Wakil Bupati Terpilih H Syamsudin Uti, Kapolres Inhil AKBP Cristian Rony Putra SIK, Wakapolres Inhil Kompol Afrizal Asri SIK, Dandim 0314 Inhil diwakili Serma Agusyadi, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan Arie Satio Rantjoko, Ketua Pengadilan Tembilahan Khairunnas, Ketua DPRD Inhil diwakili Sumardi, Ketua KPU Inhil Nahrawi dan Ketua Bawaslu M. Dong.

    Dalam aksi pengamanan Pemilu di tahun 2019 melibatkan Sispamkota sebanyak 400 anggota. Terdiri dari diantaranya, Polres Inhil 365 Anggota, Kodim Inhil 10 Anggota, Satpol PP 10 Anggota, DAMKAR 5 Anggota, PPK 3 Anggota, KPPS 7 Anggota.


    Peserta Simulasi berpoto bersama
     

    Kapolres Inhil dalam sambutanya menyampaikan, simulasi Sispamkota bertujuan untuk menunjukan kesiapan Polri, TNI dan seluruh Stakeholder terkait dalam menghadapi Pemilu nanti. Disaat simulasi, akan diperagakan kekompakan dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Indragiri Hilir saat pendistribusian Logistik Pemilu.

    "Selain logistik, akan ada pengamanan di masa tenang, hari pemungutan suara, pengamanan objek vital di kantor KPU Inhil dan Bawaslu Inhil, dan persiapan penanganan jika terjadi unjuk rasa dikemudian hari," ujar Kapolres Inhil,  AKBP Cristian Rony Putra.

    Pada saat pelaksanaan pengamanan Pemilu tahun 2019, Polres Inhil mengerahkan personel sebanyak 581 orang untuk mengamankan masa kampanye dan Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang tersebar diseluruh Kab. Inhil dengan jumlah 1.963 TPS.

    Simulasi Sispam Kota juga akan memperagakan kesiapan Polres Inhil untuk melaksanakan Escape (Penyelamatan) terhadap Komisioner KPUD Inhil dan Komisioner Bawaslu Inhil serta Kantor KPUD dan Kantor Bawaslu Kabupaten Inhil Pasca Rekapitulasi hasil Pemilu Tahun 2019.

    Selanjutnya, peragaan Simulasi Sispamkota ini merupakan gambaran keadaan yang mungkin akan terjadi selama pelaksanaan Pemilu Presiden – Wakil Presiden dan Legislatif Tahun 2019, dengan harapan Polri, TNI, Stake Holder terkait bersama masyarakat dapat bersama – sama mewuudkan Pemilu yang Aman, Damai, Sejuk, dan Kondusif di Indragiri Hilir.

    Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan saat melihat langsung simulasi, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres beserta jajaran dan semua pihak yang telah mendukung dalam simulasi operasi ini.  

    "Simulasi seperti ini sangat penting sebagai kesiapan diri untuk mempersiapkan segala sesuatu yang bakal terjadi dikemudian hari (Pemilu red)," tutur Wardan.

    Bupati berharap, seluruh Stakeholder yang ada dan terutama kepada masyarakat agar menjaga serta mengawal jalannya demokrasi di Indoensia, khususnya di Indragiri Hilir dengan tertib, aman dan damai. (Har/Adv).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Polres Inhil Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu Presiden dan DPR, Bupati Wardan ucapkan Terima Kasih
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar