Mata Kuliah Agroteknologi

Daftar Isi

    LancangKuning - Agroteknologi itu berasal dari 2 kata,“ Agro” serta“ Tekno”. Agro berasal dari kata agronomi, yang maksudnya merupakan sesuatu ilmu yang menekuni fenomena yang berhubungan dengan pertanian. Sebaliknya tekno, berasal dari kata teknologi yang erat kaitannya dengan sains. Jadi, pada dasarnya agroteknologi merupakan ilmu tentang teknologi pertanian. Perihal yang dipelajari ialah tentang metode mengelola komoditas yang berbentuk bibit, setelah itu dapat berupa hasil, hingga kesimpulannya jadi produk.

    Nah, kala seluruh aktivitas dicoba di rumah akibat pandemi, kerap kan kita memandang orang- orang mulai suka menanam- menanam di rumah? Dengan masuk jurusan agroteknologi, kalian apalagi dapat mulai membuat budidaya tumbuhan di rumah, menghasilkan kebun yang hijau, apalagi hasilnya yang bagus, dapat dijual.

    Buat lingkup pembelajaran nya, di program riset agrotek ini kalian hendak diberikan pengetahuan secara teoretis ataupun praktikal tentang ilmu serta teknologi yang berkaitan dengan tumbuhan. Mulai dari genetika, perbenihan, penciptaan tumbuhan, fisiologi, pemuliaan tumbuhan, serta banyak lagi. Setelah itu kalian pula hendak belajar tentang lahan serta media tanam. Semacam menguasai kesuburan serta nutrisi tumbuhan, penilaian lahan, pemupukan, mikrobiologi, serta yang lain. Belajar pula tentang aspek area berbagai hama penyakit, agroekosistem/ ekologi. Bukan cuma itu, di agrotek, kalian pula hendak menemukan ilmu- ilmu pendukung semacam kewirausahaan, etika bisnis serta manajemen, pula bioteknologi.

    Dengan menekuni hal- hal tersebut, kalian dapat melaksanakan kenaikan efisiensi penciptaan tumbuhan, yang pastinya hendak menanggulangi bermacam kasus di bidang pertanian, pangan, hortikultura, perkebunan, pula perbenihan. Perihal yang mengasyikkan dari kuliah di jurusan agroteknologi ialah praktikum nya. Bayangkan, kalian hendak turun ke lapangan langsung, mempraktekkan ilmu- ilmu yang kalian bisa. Mulai dari perkebunan, pertanian, hingga budidaya tumbuhan hendak kalian jalani. Pasti sangat mengasyikkan, terlebih kala kalian sukses menganalisis serta membuat pemecahan atas kasus yang biasa terjalin di lahan- lahan pertanian serta perkebunan. Nah, tidak hanya turun ke lapangan, kalian pula hendak melaksanakan praktikum di laboratorium. Mempelajari temuan- temuan di lapangan, serta menganalisisnya hingga menciptakan suatu pemecahan.

    Agroteknologi ialah jurusan yang menekuni lebih jauh tentang pemakaian teknologi di bidang pertanian. Terdapat sebagian tipe mata kuliah harus yang wajib Kalian ambil di jurusan ini. Berikut merupakan 10 mata kuliah agroteknologi yang butuh Kalian tahu:

    • Pengantar Ilmu Pertanian

    Di jurusan agroteknologi, otomatis Kalian wajib belajar tentang ilmu pertanian. Oleh sebab itu, Kalian hendak memperoleh mata kuliah pengantar ilmu pertanian di semester dini.

    • Botani

    Botani ialah ilmu seputar dunia tumbuhan yang wajib Kalian pelajari di jurusan agroteknologi. Di mata kuliah ini Kalian hendak memahami lebih banyak tipe tumbuhan yang terdapat di area kita.

    • Ekonomi Pertanian

    Tidak hanya menguasai tentang tumbuhan serta pertanian, Kalian pula wajib belajar ekonomi pertanian. Dengan ilmu yang satu ini, Kalian dapat belajar lebih jauh gimana pertanian mempengaruhi pada kemajuan ekonomi negeri ini.

    • Budidaya Tumbuhan Pangan

    Di jurusan agroteknologi, Kalian hendak memperoleh mata kuliah budidaya tumbuhan pangan. Di mata kuliah ini Kalian hendak belajar gimana proses budidaya tumbuhan pangan yang dapat dicoba di Indonesia.

    • Hidroponik

    Hidroponik ialah salah satu metode budidaya tumbuhan yang dinilai ramah area serta lebih efisien. Di jurusan ini Kalian hendak belajar lebih jauh tentang metode hidroponik.

    • Dasar- Dasar Proteksi Tanaman

    Sebab Kalian hendak berkecimpung di dunia pertanian hingga otomatis Kalian hendak banyak berhubungan dengan bermacam- macam tipe tumbuhan. Di jurusan ini Kalian hendak menemukan mata kuliah dasar- dasar proteksi tumbuhan.

    • Mikrobiologi Pertanian

    Tidak cuma belajar tumbuhan serta ekonomi, Kalian pula wajib belajar tentang mikrobiologi pertanian di jurusan agroteknologi. Mikrobiologi pertanian menekuni tentang kuman ataupun mikroorganisme yang lain yang terdapat di dunia pertanian.

    • Bioteknologi Pertanian

    Bioteknologi pertanian jadi salah satu mata kuliah harus yang wajib diambil di jurusan ini. Mata kuliah ini hendak mengarahkan gimana bioteknologi yang tumbuh di dunia pertanian.

    • Budidaya Tumbuhan Perkebunan

    Tidak hanya menekuni budidaya tumbuhan pangan, di jurusan agroteknologi Kalian pula wajib belajar budidaya tumbuhan perkebunan. Semacam kita ketahui kalau Indonesia mempunyai banyak tipe tumbuhan perkebunan yang dapat dibudidayakan.

    • Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

    Di jurusan agroteknologi, Kalian wajib belajar teknologi pengolahan hasil pertanian. Hasil pertanian butuh diolah biar dapat berikan khasiat serta di mata kuliah ini Kalian hendak belajar lebih jauh tentang perihal itu. (fazlan)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mata Kuliah Agroteknologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar