Pengertian Sumber Daya Listrik

Daftar Isi

    LancangKuning - Sejak ditemukannya listrik membawa dampak kehidupan yang sangat baik bagi kehidupan kita, setiap kegiatan di rumah tangga maupun industri sangat memerlukan listrik untuk menjalankan kegiatannya.

    Listrik dapat ada karena berbagai sumber daya listrik yang tersedia, jadi kita akan membahasnya secara lengkap. Sumber daya listrik adalah energi yang menghasilkan listrik, yang dibutuhkan peralatan elektronik atau alat yang membutuhkan listrik.

    Secara umum sumber energi listrik dibagi menjadi dua yaitu:

    • Energi fosil, energi fosil pada umumnya digunakan untuk mengkonversi suatu energi. Hasil dari konversi diubah lagi menjadi energi listrik, panas dan mekanik. Sumber utama yang digunakan pada masa sekarang adalah bahan bakar fosil. Namun apabila digunakan secara berlebihan akan menimbulkan polusi udara yang sangat serius. Hal ini dikarenakan pada saat terjadi proses pembakaran bahan bakar fosil melepaskan gas berbahaya seperti karbon monoksida, karbon dioksida, sulfur dioksida, nitrogen dan gas-gas berbahaya yang lain. Perlu diketahui bahwa energi fosil memiliki jumlah yang terbatas dan semakin menipis sepanjang waktu berjalan contohnya seperti, gas alam, minyak bumi dan batu bara.

    Uraian Penjelasan:

    1. Minyak Bumi
      Minyak bumi memiliki ciri-ciri seperti cairannya yang kental, warnanya cokelat gelap, agak kehijauan dan mudah terbakar. Minyak bumi lebih dikenal dengan emas hitam. Minyak bumi memiliki komposisi seperti hidrokarbon dan didominasi oleh seri alkana dengan berbagai komposisi, varian tampilan dan kemurniannya.
      Pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar minyak bumi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU dan Pembangkit Listrik Tenaga Disel atau PLTD.
    2. Batu Bara
      Batu bara yaitu batuan yang dibakar karena terbentuk secara alami dari endapan organik sisa tumbuhan. Batu bara terdiri dari oksigen, hydrogen dan karbon. Proses pembentukan batu bara memerlukan waktu yang cukup lama karena harus mendapatkan efek dari gesekan bumi dan tekanan udara.
      Bahan bakar batu bara juga digunakan sebagai listrik seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap dan Pembangkit ListrikTenaga Gas batu bara.
    3. Gas Alam
      Gas alam bisa ditemukan di bawah tanah sama dengan minyak bumi dan batu bara tapi diambil melalui pipa. Gas dipompa keluar dan disimpan pada tempat penyimpanan yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga banyak juga orang yang masih menggunakan ini untuk memanaskan rumah pada saat musim dingin. Karena memiliki bau yang sangat pekat sangat mudah untuk mendeteksi adanya kebocoran. Gas alam tidak terlalu menimbulkan polusi bagi lingkungan sekitarnya namun kelemahan utama dari gas alam adalah sangat mudah terbakar. Pembangkit listrik yang menggunakan gas alam adalah Pembangkit listrik Tenaga Gas Atau PLTG.
    • Energi terbarukan, berbeda dengan energi fosil energi ini bersumber dari alam dan dapat diperbaharui tanpa harus menunggu puluhan tahun untuk dapat digunakan. Contoh sumbernya seperti panas bumi, matahari, air, biomassa dan angin. Sudah seharusnya kita beralih ke sumber energi terbarukan karena semakin menipisnya energi fosil dan juga mengurangi pencemaran lingkungan yang terjadi karena sumber energi fosil.

    Uraian Penjelasan:

    1. Panas Bumi
      Panas bumi salah satu sumber energi yang dapat diperbaharui karena berupa energi panas yang disimpan di dalam bumi. Namun masih terdapat kendala dalam penggunaannya seperti teknologi yang digunakan untuk menjangkau panas bumi. Pembangkit listrik panas bumi yang ada di Indonesia adalah Tenaga Panas Bumi atau PLTP yang berlokasi di Sibayak(Sumut) dan Salak(Jabar).
    2. Air
      Untuk mendapatkan listrik dari air kita bisa memanfaatkan energi potensial dan energi yang dimiliki air. Pembangkit listrik yang digunakan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air.
    3. Matahari
      Energi matahari adalah salah satu energi yang dapat diperbaharui yang bersumber dari radiasi sinar dan panas dari matahari yang digunakan sebagai bahan bakar utama melalui alat solarcell, dengan solarcell panas matahari dapat langsung diubah menjadi listrik.
      Pembangkit listrik tenaga matahari yang ada di Indonesia seperti PLTS Nule, PLTS Solor, PLTS Raijua dan PLST karangasem.
    4. Biomassa
      Biomassa juga salah satu energi terbarukan yang berasal dari bahan biologis seperti organisme yang masih hidup atau sudah mati. Pembangkit listrik biomassa yang ada di Indonesia seperti PLTBM Pulubala yang ada di Gorontalo dengan memanfaatkan tongkol jagung sebagai bahan pembangkit listrik.(Romi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Sumber Daya Listrik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar