Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning Untuk bagi ibu hamil yang sudah diberikan izin oleh dokter kandungan untuk dapat menjalankan sebuah puasa, tidak salah untuk mengikuti atau menyimak sejumlah manfaat berpuasa bagi ibu hamil untuk dibolehkan dalam berpuasa ketika saat mengandung.

    1. Mengontrol berat badan saat sedang hamil juga biasanya hanya karena ada nafsu untuk makan supaya bertambah, karena seorang ibu yang sedang mengandung tidak hanya memberi makanan untuk diri sendiri, tetapi juga janin yang ada di dalam perutnya.  Dan ibu hamil juga memang sering kali merasakan lebih cepat lapar karena berbagi dengan janin yang sedang di kandungnya sehingga akan dapat meningkatkan sebuah risiko yang mengalami kenaikan berat badan yang drastis dalam beberapa saat.
    2. Akan dapat memperbaiki sebuah metabolisme dalam tubuh di saat berpuasa, dan sel-sel yang berada di dalam tubuh akan dapat dengan cepat membersihkan sisa-sisa dari kotoran dan akan memperbaiki adanya gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh ibu hamil.
    3. Mengurangi adanya risiko diabetes di dalam tubuh ibu hamil yang biasanya mengalami "ngidam" dan mempunyai keinginan terhadap suatu makanan yang bermacam ragam dengan secara berlebih. Dan bisa saja sebuah makanan tersebut mengandung banyak gula yang dapat saja menaikkan risiko dengan terkena diabetes yang akan membuat timbulnya penyakit yang baru. Pada saat berpuasa akan terjadi penurunan kadar gula darah dalam tubuh dan adanya suatu peningkatan kinerja yang disebut insulin.
    4. Dapat juga untuk menjaga kesehatan pada jantung dengan cara berpuasa, ibu hamil pun akan dapat untuk menurunkan risiko penyakit pada jantung yang menyerang tubuh ibu hamil.

    Dalam mengontrol suatu berat badan saat sedang hamil, biasanya ada saja nafsu untuk makan yang bertambah dari sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena ibu hamil mengalami beberapa risiko yaitu sebagai berikut.

    • Karena  si ibu tidak hanya memberi makanan untuk diri sendiri, tetapi juga harus berbagi dengan janin yang berada di dalam perutnya.
    • Akan dapat memperbaiki suatu metabolisme di dalam  tubuh seorang ibu hamil.
    • Mengurangi adanya risiko diabetes yang dapat menyerang kapan saja.
    • Menjaga kesehatan jantung dan akan dapat membuat denyut bayi tersebut menjadi lebih nyaman dan lebih baik.

    Ada beberapa manfaat puasa untuk ibu hamil yang perlu diketahui agar lebih baik untuk ke depannya yaitu sebagai berikut.

    Memperbaiki Metabolisme Tubuh
    Di lansir dari Health24 salah satu manfaat berpuasa untuk ibu yang sedang hamil merupakan sebuah usaha untuk dapat memperbaiki metabolisme yang berada di dalam tubuh ibu hamil.
    Mengontrol Berat Badan
    Ibu hamil banyak yang mengalami suatu kelebihan berat badan hingga obesitas karena sering merasa lapar karena disebabkan oleh janin yang berada di dalam perutnya. Dan pada saat berpuasa akan dapat mengurangi berat badan.

    Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

    Puasa dapat membantu seorang ibu hamil untuk menurunkan kadar gula darah dan insulin yang sering menjadi pemicu penyakit diabetes di dalam tubuh. Dan dengan menjalankan puasa bagi ibu hamil akan dapat mengurangi risiko pada ibu hamil untuk terkena diabetes karena kehamilannya dalam menjalankannya.
    Tidak Mengalami Morning Sickness
    Selama bulan puasa, ibi hamil akan makan secara teratur setiap harinya yaitu di saat sahur dan berbuka. Hal ini akan dapat membantu ibu hamil untuk terhindar dari morning sickness terutama pada awal kehamilan yang dialami dengan banyaknya proses untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

    Bagus untuk Psikologi Ibu Hamil
    Selama puasa di bulan Ramadhan ibu hamil juga tidak hanya menahan lapar dan haus tapi juga rasa emosi dalam dirinya. Puasa dapat untuk memperbaiki psikologi pada ibu hamil yang cenderung sensitif menjadi lebih sabar dalam menahan amarahnya. 

    (Pinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar