Tanaman Pekarangan Punyai Nilai Ekonomis, Alfedri Dorong Budidaya Porang Dikembangkan di Siak

Daftar Isi

    Keterangan foto: Bupati Siak H Alfedri saat panen Porang di Mempura. (Humas Pemkab Siak)

    SIAK, Lancangkuning.com - Bupati Siak Alfedri mendorong masyarakat kabupaten Siak, untuk membudidaya tanaman Porang, menurutnya umbi-umbian Porang ini memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan.

    "Kita jangan hanya, bertumpu dengan Sawit aja, namun kita harus mencoba tanaman porang ini. Yang hasilnya lebih banyak dari pada sawit," ujar, Alfedri saat melakukan panen perdana porang di kampung Jawa, Benteng Hulu, Mempura (11/4/2021).

    Alfedri mengajak masyarakat, untuk memanfaatkan lahan tidur atau pekarangan rumah yang tidak produktif untuk di tanam porang. Selain itu tanaman ini kata dia, porang ini tidak menggantikan tanaman lain, namun ia hidup berdampingan dengan tanaman lain. 

    "Porang ini bisa ditanam tumpang sari, kita tidak harus menanam berhektar-hektar yang tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Namun cukup memulainya dengan ditanam di pekarangan rumah, seperti yang kita panen sekarang," ungkapnya.

    Ia berharap, dinas terkait dan camat dapat menyampaikan kepada masyarakat, bahwa tanaman porang ini sangat menjanjikan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

    "Saya minta tanaman porang ini menjadi salah satu produk unggulan dari kampung. Satu kampung satu produk, nah produknya kita minta porang"ucapnya.

    Menurut rencana akan di bangun pabrik Porang di Tualang Desa Bunut, dengan harapan pabrik ini mampu menampung hasil panen petani porang dengan harga yang diberikan bersahabat.

    Sementara itu ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) P3N (Petani Penggiat Porang Nusantara kabupaten Siak ) Janter Kimba Sinaga mengatakan Panen porang kali ini merupakan perdana di kabupaten Siak. Langsung dihadiri oleh Bupati Siak. 

    "Ini merupakan titik awal, komoditas porang ini berkembang di kabupaten Siak. Dengan hadirnya pak Bupati Alfedri kami sangat berharap dukungan dari pemkab Siak, agar program budidaya porang ini dapat diminati masyarakat dan mampu menopang ekonomi warga "ungkapnya.

    Ia memaparkan sebaran para petani porang yang sudah berjalan di kecamatan Kandis ada 21 ribu batang, Tualang 21 Ribu batang, Mempura 5 ribu batang, Siak 21 ribu, Koto Gasib ada 15 ribu batang.

    "Kita terus membentuk pengurus kecamatan lain, dengan harapan dapat terus bertambah banyak masyarakat menanam porang. Sekaligus dapat memenuhi bahan baku yang dibutuhkan pabrik porang yang akan dibangun di Tualang, yang ditargetkan bulan juni sudah mulai beroperasi," tutupnya. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tanaman Pekarangan Punyai Nilai Ekonomis, Alfedri Dorong Budidaya Porang Dikembangkan di Siak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar