Peringati HAN Pariaman, Ratusan Anak TK Lakukan Manasik

Daftar Isi

    Lancangkuning.com, Kota Pariaman --- 500 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terdiri anak-anak Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain (TK/KB) se-Kota Pariaman, ikuti Manasik Haji yang diadakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Pariaman, dalam rangka kegiatan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kota Pariaman tahun 2018, bertempat di Pantai Kata, Kamis (6/9/2018).

    Acara ini, terasa spesial karena turut dihadiri oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemen PPA) RI, Ali Hasan, yang disaat bersamaan sedang mengadakan kegiatan di Kota Pariaman.

    Ali Hasan mengungkapkan bahwa hak anak dilindungi oleh UUD 1945 pasal 28 B ayat 2 yang berbunyi setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

    "Setiap anak mempunyai hak yang dilindungi oleh UU, tetapi masih saja banyak yang melakukan pelanggaran terhadap hal ini. Ditambah sekarang banyak anak yang masuk ke ranah hukum, hal ini hendaknya menjadi perhatian bagi kita semua," tuturnya.

    Dengan era digitalisasi sekarang ini, bahwa dunia dalam gengaman, yang mempunyai arti dengan HP dan Gadget, kita bisa mengetahui dan melihat apa yang terjadi di dunia ini, tetapi terkadang, anak-anak kita belum dapat memilah mana yang patut dilihat mana yang belum.

    "Untuk itu, peran kita sebagai orangtua selalu melakukan pengawasan terhadap anaknya, dan dengan diadakan kegiatan manasik haji ini, diharapkan anak-anak mempunyai kegiatan yang positif yang akan mereka ingat dan menjadi bekal bagi mereka dikemudian hari," ujarnya mengakhiri.

    Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa anak di usia TK dan KB termasuk dalam usia emas, dan kegiatan ini memberikan aura positif untuk perkembangan anak-anak kita.

    "Dengan antusiasme anak-anak yang datang mengikuti manasik haji ini, yang merupakan salah satu dari rukun islam, akan menjadi bekal bagi mereka dikemudian hari dan akan membekas kedalam memori mereka," tukasnya.

    Dengan bekal positif dari rangkaian kegiatan manasik haji, mulai dari sa'i, lempar jum'rah dan mengelilingi Ka'bah yang diperkenalkan kepada mereka, kiranya akan membekas dan memberi warna yang tidak hanya baik kepada diri mereka saja, tetapi kepada kita semua yang hadir saat ini, tutup Walikota Pariaman terpilih 2018 ini.

    Ketua Himpaudi Kota Pariaman Ny. Lucy Genius dalam laporanya mengatakan kegiatan Manasik Haji ini, merupakan kegiatan yang pertama yang dilakukan oleh Himpaudi Kota Pariaman.

    "Sebanyak 500 anak Paud yang terdiri dari 32 TK dan 64 KB yang ada di Kota Pariaman, sebagai peserta manasik haji yang kami adakan, dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HAN tingkat Kota Pariaman tahun 2018," ucapnya.

    Dengan melakukan manasik haji, yang mana haji merupakan salah satu rukun islam, kita berharap dapat memperkenalkan tatacara dan adab yang harus dilakuakan untuk pelaksanaan haji, dan bacaan-bacaan yang mereka hafal, nantinya akan terus melekat diingatan mereka tutup Ny. Lucy Genius yang juga ketua GOW Kota Pariaman ini.

    Turut hadir jajaran Himpaudi Kota Pariaman selaku panitia acara, Bunda Paud se Kota Pariaman, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kanderi dan jajaranya, Kadis DP3AKB Kota Pariaman, Alfian Harun, para Kepala Sekolah dan para guru, orangtua dan keluarga anak-anak yang mengikuti manasik haji yang diadakan Himpaudi Kota Pariaman ini. (mc/dos)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peringati HAN Pariaman, Ratusan Anak TK Lakukan Manasik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar