Fakta Unik Di Balik Kemegahan Opening Asean Games 2018

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Opening Ceremony Asian Games 2018 sudah memang berlalu, akan tetapi acara yang digelar pada Sabtu (18/8) pukul 19.00 WIB itu masih saja hangat diperbincangkan.

    Bagaimana tidak? Acara yang demikian spektakulter itu mengundang decak kagum para penonton yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) maupun penonton lewat layar kaca. Bahkan media-media asing pun terkagum-kagum dengan kemegahan acara Opening Ceremony Asian Games 2018.

    Tak heran jika acara yang dikemas semenarik itu banjir pujian dari sejumlah media asing. Berikut kami rangkum 3 fakta unik dibalik kemegahan acara Opening Asean Games 2018:

    • Aksi Jokowi Terbang

    Kejadian unik terjadi saat Opening Ceremony Asian Games 2018. Presiden Joko Widodo saat itu hadir dengan hal yang sangat tidak biasa. Presiden Jokowi beserta rombongan yang hendak menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno tiba-tiba dihadang oleh suporter Indonesia yang berbondong-bondong menuju SUGBK. Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi yang berada di dalam mobil tetap santai meskipun mobil yang ditumpanginya terhenti.

    Tak berselang lama, terlihat dua orang berboncengan menggunakan moge berhenti tepat di samping mobil yang ditumpangi Jokowi. Dengan didampingi dua orang yang berpakaian seperti Paspampres, Jokowi keluar dari dalam mobil dan bergegas menaiki moge itu menggunakan helm full face berwarna hitam. Untuk menghindari kemacetan yang ada di hadapannyaa, Jokowipun melakukan aksi “terbang” untuk melewati truk yang ada di depannya. Adegan unik itu terlihat layaknya aksi pemain utama yang ada pada film action. Dengan gesit jokowi mengendalikan moge itu hingga membuat orang-orang yang melihatnya di jalan berdecak kagum.

    Namun, tiba-tiba Jokowi menghentikan motornya saat di depannya ada rombongan anak-anak berseragam pramuka yang hendak menyeberang. Lucunya, seorang bocah gendut yang sedang memegang es krim dibuat melongo oleh Jokowi yang menyapanya. Perjalanan Jokowi menggunakan moge akhirnya terhenti di SUGBK dan menyapa hangat seluruh peserta Opening Ceremony Asian Games 2018. Dibalik aksi Jokowi itu, tentunya sudah ada skenario yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat tersaji dengan apik dan memukau. Sosok stuntman Jokowi tersebut diduga berasal dari Thailand.

    • Panggung Terbesar

    Tak heran jika acara sebesar ini menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dalam Opening Ceremony pertandingan olahraga.

    Dalam wawancara di acara Tonightshow, Wishnuhutama selaku Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018, menerangkan bahwa panggung spektakuler ini dirancang dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter dan tinggi 26 meter yang dilengkapi hiasan pegunungan dan tumbuhan khas Indonesia.

    Berat panggungnya pun mencapai 600 ton (ada 150 liter air di dalamnya). Usut punya usut, ternyata panggung unik ini dibuat manual oleh seorang pengrajin asal Ibukota Jakarta dan Bandung. Panggung ini menjadi latar bagi 6.000 atlet dari seluruh kontingen yang berparade di bawah bendera kebanggaan negaranya masing-masing.

    • Melibatkan ribuan penari dan ratusan MUA

    Sebanyak 3.500 penari dikerahkan untuk menampilkan tari kolosal sebelum 45 kontingen yang berasal dari berbagai negara mengikuti defile dalam acara Opening Ceremony Asian Games 2018.

    Uniknya, untuk merias sebanyak 3.500 penari tersebut, tentunya membutuhkan banyak sekali tenaga rias atau MUA (makeup artist) untuk menyulap para penari menjadi berpenampilan menarik.

    Menurut info dari Wulan Tilaar, Vice Chairwoman Martha Tilaar Group, terdapat sekitar 400 MUA yang digaet dari Sariayu dan Puspita Martha. Menriknya, dalam tim MUA itu setidaknya ada 10 MUA dberasal dari Komunitas Difabel Jakarta (Teman Tuli).(Anggi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Unik Di Balik Kemegahan Opening Asean Games 2018
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar