Jenderal Listyo Diyakini Bisa Bikin Sinergisitas TNI-Polri Kuat

Daftar Isi

    Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA)

    Lancang Kuning – Sejak dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri, banyak harapan tertuju kepada Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Salah satunya harapan untuk Listyo terkait kekompakan antara Polri dengan TNI.

    Demikian disampaikan Dewan Penasihat Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran (BPI KPNPA), Kidung Tirto Suryo Kusumo. Ia mengatakan Listyo punya ketegasan serta kelayakan memimpin korps Bhayangkara karena pengalamannya sebagai Kabareskrim, Kadiv Propam, hingga Kapolda Banten.

    “Jenderal Listyo Sigit Prabowo tegas, sangat ideal dengan situasi saat ini dan tantangan bangsa ke depan,” kata Kidung dalam keterangannya yang dikutip pada Rabu, 17 Februari 2021, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Kidung mengatakan saat menjabat Kapolres Pati, Listyo membuktikan sebagai figur yang aktif menjalin silaturahmi dengan kiai dan ulama. Pun, saat menjadi Kapolda Banten, mantan ajudan Jokowi itu juga aktif bersilaturahmi dengan ulama.

    "Beliau rajin bersilaturahmi dengan para kiai pengasuh pesantren dan ulama di Banten," ujarnya.

    Menurut dia, harapan yang ingin disuarakannya yaitu Listyo bisa makin kuat membangun sinergisitas antara TNI dan Polri. Ia bilang sinergisitas dua instansi ini penting untuk mewujudkan keamanan dan stabilitas politik Indonesia.

    "Sinergisitas TNI-Polri diperlukan untuk mewujudkan itu. Saya yakin Jenderal Listyo mampu menjaga dan meningkatkan sinergi TNI-Polri," tuturnya.

    Listyo Sigit resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai kapolri di Istana Negara pada Rabu, 27 Januari 2021. Mantan Kabareskrim itu menggantikan Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

    "Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya berjanji dengan bersungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar, serta akan menjalankan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, Bahwa saya akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan baik, bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Listyo Sigit saat membaca sumpah pelantikan, pada Rabu, 27 Januari 2021. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenderal Listyo Diyakini Bisa Bikin Sinergisitas TNI-Polri Kuat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar